Tlp SekarangWA Sekarang
Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Menggunakan Kartu Kredit Via qerja.com

Hampir semua orang menginginkan sebuah pola hidup yang simpel dan juga praktis, di mana segala sesuatunya dapat berjalan dengan mudah tanpa kendala yang menghambat. Hal ini tentu saja bisa berjalan karena adanya beragam teknologi dan juga beragam fasilitas yang bisa kita Andalkan, sehingga segala sesuatu dapat kita lakukan dengan mudah dan nyaris tanpa hambatan.
Mengingat adanya sejumlah biaya dan juga bunga yang diterapkan oleh pihak bank, maka anda sebaiknya selalu berhati-hati dalam menggunakan dan membayar tagihan kartu kreditnya. Jangan sampai penggunaan kartu kredit yang pada awalnya untuk memudahkan berbagai macam urusan keuangan, justru akan menjadi sebuah beban di dalam keuangan anda. Berikut ini beberapa poin yang bisa diterapkan dalam menggunakan kartu kredit secara efektif.

Langsung saja anda simak berikut ini :

  1. Batasi Jumlah Penggunaannya

Jangan menggunakan sesuatu yang tidak bermanfaat , hal ini juga berlaku dalam kartu kredit. Penggunaan kartu kredit dimaksudkan untuk mempermudah dan juga memberi keuntungan, jadi pastikan Anda mendapatkan kedua hal tersebut dari kartu kredit yang Anda gunakan.
  1. Hindari Penarikan Tunai

Kartu kredit bukan kartu ATM, sebaiknya Anda jangan menggunakannya di mesin ATM, artinya jangan gunakan untuk transaksi tarik tunai. Hal ini dapat menimbulkan sejumlah biaya di dalam tagihan Anda, untuk setiap transaksi penarikan tunai Anda akan dikenakan biaya sebesar 4% atau minimal Rp50 ribu.
Bukan hanya biaya tarik tunai saja, Anda juga akan dikenakan biaya bunga yang jumlahnya sekitar 3,5% – 4% dari jumlah dana yang Anda tarik dari kartu kredit Anda. Sejumlah bunga ini akan segera diterapkan pada saat transaksi penarikan tunai tersebut, karena bank menerapkan sistem bunga harian pada transaksi tarik tunai, beda halnya dengan bunga transaksi belanja.
  1. Susun Dan Patuhi Daftar Belanja

Ketika menggunakan kartu kredit untuk berbelanja, Sebaiknya Anda menyusun daftar belanja terlebih dahulu sesaat sebelum melakukannya. Hal ini akan menghindari anda dari rasa penyesalan sesaat setelah tiba di rumah, akibat adanya pembengkakan jumlah tagihan belanja yang Anda lakukan.
  1. Gunakan Dengan Tepat Waktu 

Ada banyak manfaat yang diberikan kartu kredit, dan hal ini akan sangat menguntungkan jika Anda jeli menggunakannya. Mulailah aktif dalam mengikuti berbagai informasi dan juga promosi yang diadakan kartu kredit Anda, hal ini bisa berupa diskon atau penawaran menarik lainnya. Jika Anda bisa memanfaatkan momen promosi seperti ini, tentu  Anda bisa lebih berhemat.
  1. Dapatkan Manfaat Lebih

Dapatkan Manfaat Lebih Seperti Hadiah Dari Poin Reward. Beberapa bank menerapkan sistem reward di dalam kartu kredit mereka, biasanya berupa poin yang bisa dikumpulkan dan ditukarkan dengan berbagai macam hal, seperti: barang tertentu, iuran tahunan, atau bahkan voucher belanja. Gunakanlah poin reward Anda dan jangan membuangnya dengan percuma.
  1. Hindari Berbagai Biaya dan Bunga

Bank juga menerapkan berbagai macam biaya dan bunga pada kartu kredit, karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui komponen biaya tersebut dan besaran bunga yang mereka kenakan. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun akan cukup merepotkan jika Anda tidak mengerti sejak awal.
Hindari berbagai macam biaya tersebut dan juga bunga, agar tagihan tidak membengkak. Hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi ini yaitu dengan disiplin dalam membayar dan juga mengelola penggunaan kartu kredit Anda.
  1. Gunakan dan Bayar Tepat Waktu

Sebagian besar orang memilih untuk menggunakan kartu kredit dengan alasan sebagai alat yang akan mempermudah dan juga memberi keuntungan. Namun ada banyak orang yang justru bermasalah dan akhirnya terlilit sejumlah utang.
Sangat penting untuk memilih kartu kredit yang tepat bagi anda, sehingga dapat benar-benar bermanfaat. Gunakan kartu kredit dengan penuh pertimbangan dan bayar dengan disiplin semua tagihan yang ada.
Dari Berbagai Sumber