Tlp SekarangWA Sekarang
Tips Bijak Mengelola Gaji

Mengelola Uang Via kreditgogo.com

Ketika kita bekerja pasti hal yang paling kita tunggu adalah gaji, saat menerima gaji rasa puas dan banggapun kita rasakan,setiap kali menerima gaji yang masuk ke dalam rekening kita. Rasa bangga melihat hasil kerja sendiri dihargai, senang rasanya mengetahui diri ini sudah bisa menghasilkan uang sendiri.

Selepas itu keinginan bersenang-senangpun bergejolak. Ingin beli pakaian terbaru, ingin makan enak setiap waktu, sampai ingin traveling ke tempat yang selama ini paling ingin dituju rasanya tak lagi bisa menunggu. Namun akibatnya, sebelum akhir bulan tiba gajimu sudahhabis dan ludas.

Nah, supaya hal seperti kehabisan uang sebelum tanggal gajian itu terjadi, kali ini saya akan memberi beberapa Tips mengelola gaji yang bisa Anda terapkan mulai hari ini.  Ingin tahu apa saja tips-nya?

Langsung saja anda  berikut :

  1. Batasi Keinginan Yang Tidak Perlu

Setelah menerima gaji atau uang bulanan pastika ingat bahwa uang yang anda dapat ini tidak mungkin akan seterusnya utuh dan bisa digunakan untuk bersenang-senang secara terus menerus. Anda pasti memiliki utang, cicilan, tabungan serta kebutuhan lain yang harus dipenuhi.
Wajib anda ingat dikepala, bahwa uang ini tidak menjadikan anda kaya karena sifatnya yang hanya sementara. Setiap anda mendapatkan notifikasi bahwa transaksi transfer gaji sudah sukses dilakukan tanamkan pola pikir bahwa uang ini harus dibelanjakan untuk kebutuhan-kebutuhan mendesak.
Langsung kurangi gajimu dengan tagihan uang kost, tagihan listrik, belanja kebutuhan pribadi, sampai uang makan bulan ini. Kalau perlu tarik uang sesuai nominal kebutuhan, pastikan untuk memasukan  ke dalam amplop terpisah.
  1. Usahkan Untuk Menabung Di Awal Bulan Dan Catat Setiap Pengeluaran Anda 

Mencatat anggaran tiap bulan adalah langkah jitu agar anda bisa mengendalikan pengeluaran. Hal pertama yang harus anda tuliskan di rencana pengeluaran per bulan yaitu anggaran menabung. anda bisa menyisihkan sekitar 10%/15% gaji untuk ditabung.
Selain menetapkan anggaran, anda juga wajib mencatat dan mengumpulkan nota belanja setiap kali berbelanja kebutuhan. Hal ini dapat membantu mengendalikan besarnya pengeluaran serta menekan keinginan untuk membeli hal-hal yang tidak tertulis di anggaran atau catatan yang anda buat.
  1. Buat Rekening Khusus Untuk Menabung

Anda bisa membuat dua macam rekening dengan Bank berbeda. Hal ini juga dapat membantumu mengelola uang bulanan. Anda bisa menggunakan rekening dengan biaya administrasi bulanan yang rendah serta tidak memiliki fasilitas kartu ATM.
Jangan tergoda mengutak-atiknya untuk kebutuhan sehar-hari, sebab rekening ini hanya digunakan khusus untuk menabung bukan untuk dipakai sehari-hari. Tanpa potongan bulanan yang mencekik uangmu bisa bertahan dalam nominal aslinya dalam jangka waktu lama. Sedangkan tanpa fasilitas kartu ATM, dapat membantu anda untuk tidak menarik uang tabungan.
  1. Hindari Godaan Kredit Barang 

Anda juga bisa menghindari untuk mengambil cicilan barang-barang yang mempunyai beban cicilan yang tidak terjangkau oleh kantong anda. Ataupun cicilan barang yang sebenarnya tidak begitu perlu. Mobil atau motor baru, sampai alat elektronik yang sebenarnya masih bisa digunakan atau di perbaiki.
Hal Ini adalah cara ampuh agar anda tidak boros atau tidak kehabisan uang di akhir bulan. Jika anda memang berniat untuk mencicil, anda bisa mengambil cicilan dari barang yang memang paling anda butuhkan, sesuai anggaran dan yang pasti dengan bunga yang rendah.
  1. Bersenang-Senang Terencana

Bersenang-senang hasil kerja sendiri memang sah-sah saja, usahakan untuk membuat tema bersenang-senang bulanan agar pengeluaran anda tetap terencana. Anda mempunyai hak untuk menggunakan uang hasil jerih payah anda demi kesenangan anda.
Hitung-hitung sebagai penghargaan terhadap diri sendiri yang sudah bekerja keras dalam satu bulan. Hal ini juga bisa membantu anda agar terus semangat dalam bekerja karena anda bisa merasakan uang dari hasil keringat sendiri.
  1. Sisihkan 10% Atau 15% uang Gaji Anda Untuk Orang Tua

Untuk membuat Anda bisa hidup hemat dan benar-benar mengencangkan ikat pinggang, Anda bisa menanamkan pemahaman di kepala bahwa Anda juga wajib menyisihkan pendapatan untuk orang tua Anda. 10/15% gaji anda wajib dialokasikan demi tabungan untuk orangtua.
Hal ini bisa sangat berguna, karena jika nanti apabila terjadi sesuatu yang mengakibatkan orangtua anda jatuh sakit atau membutuhkan dana mendadak tentu anda tidak akan khawatir lagi soal biaya karena sudah mempunyai cukup uang yang memang dialokasikan untuk membantu mereka. Mari mulai hidup hemat dan bijak mengelola keuangan sendiri mulai dari sekarang.
Dari Berbagai Sumber