Tlp SekarangWA Sekarang
Strategi Jitu Agar Bisnis Lebih Maju Dan Berkembang

Bisnis Berkembang Via blogspot.co.id

Bagi para wirausaha pergantian tahun bak spekulasi  baru yang akan menentukan bisnisnya bisa berkembang atau malah gulung tikar. Maka dari itu inilah saat yang tepat melakukan evaluasi dan berbenah untuk menyongsong tahun yang akan datang.

Kegagalan yang kita hadapi di masa lalu, anggaplah sebuah pelajaran yang tidak akan kita ulangi di masa yang akan datang. Dan untuk menghadapi hal tersebut susunlah strategi bisnis baru yang tepat mulai dari skarang.

Dengan begitu, Kita akan siap menghadapi apapun rintangan yang akan kita hadapi. Pada kesempatan ini kami akan berbagi beberapa strategi agar bisnis lebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya.

Langsung saja simak berikut ini :

  • Evaluasi SDM

Dalam bisnis pemasaran yang sukes bertumpu pada tim yang solid. Bisnis yang kuat dan tim yang solid akan menghasilkan penjualan yang memenuhi target. Jika tidak yang wajib anda lakukan adalah mengevaluasi tim yang ada.
Sebagai penggerak sebuah bisnis, Anda bertugas untuk memberikan evaluasi serta motivasi untuk mengembalikan semangat tim sehingga dapat bekerja dengan baik, Dan yang pasti memotivasi mereka agar lebih semangat dalam bekerja dan berhasil dalam mencapai target.
  • Rencana Pemasaran Baru 

Jika pada evaluasi penjualan Anda menemukan beberpa produk yang kurang peminatnya, Anda bisa mengurangi jumlah produksinya. Memang tidak baik, namun hal ini juga tidak bisa dipaksakan.
Apabila konsumen kurang berminat terhadap produk tersebut cara menyisatinya yaitu denga mengembangkan produk tersebut atau mengurangi jumlah produknya.
Bila Anda memiliki keterbatasan modal mungkin mengembangkan produk jadi hal yang sulit, maka jalannya hanya dengan menguranginya. Sebaliknya, Apabila Anda mempunyai produk dengan permintaan yang lumayan tinggi. Anda bisa menambahkan jumlah produksi untuk produk tersebut.
  • Perluas Pendistribusian

Semua pengusaha tentu menginginkan pemasaran dengan jangkauan yang lebih luas, maka dari itu untuk tahun berikutnya buatlah perencanaan memperluas pendistribusian.
Caranya bisa dengan melakukan promosi ke berbagai wilayah atau menawarkan kerjasama dengan retail atau franchisee di dalam negri atau bahkan luar negeri. Dan jika Anda memiliki modal tambahan, bisa membuat cabang usaha di tempat lain.
  • Tingkatkan promosi 

Pasti akan banyak bermuculan saingan-saingan baru yang mungkin bisa membuat bisnis Anda tenggelam. Promosi bisa jadi jalan keluarnya agar bisnis Anda tetap kokoh berdiri di tengah gencaran rival baru tersebut.
Meski banyak sekali promosi gratis yang bisa Anda pilih, namun ada baiknya tingkatkanlah kembali dengan menggunakan promosi berbayar agar produk Anda bisa dipromosikan secara professional.
  • Buat Konsumen Lebih Nyaman dan Mudah Berbelanja

Kenyamanan dan kemudahan merupakan dua hal yang dicari oleh banyak kosumen, Setelah kualitas produk. Semakin berkembangnya teknologi internet di dunia menjadi perhatian oleh sebagian pengusaha. Di mana mulai banyak perusahaan yang mulai berjualan melalui online daripada offline.
Hal ini juga disebabkan karena konsumen lebih nyaman dan mudah berbelanja online, Oleh karenanya banyak konsumen yang beralih dengan menggunakan online dibandingkan datang langsung pada pusatnya.
Untuk mengoptimalkan usaha secara online pastikan website yang Anda miliki mobile friendly agar konsumen tidak langsung meninggalkan website Anda.
  • Responsive dalam Menanggapi Konsumen

Masih terhubung pada kenyamanan konsumen, tanggapan yang lebih responsif juga wajib Anda sematkan dalam SOP pekerja. Konsumen pastinya menginginkan jawaban yang cepat, tepat dan akurat jadi jangan sampai konsumen menunggu jawaban Anda sampai berhari-hari.
  • Evaluasi Manajemen Keuangan

Jika usaha anda Belum juga berkembang di tahun sebelumnya, Lakukan evaluasi pada manajemen keuangan Anda untuk tahun kedepan. Perhitungkan kembali jumlah pemasaukan dan pengeluaran. Apabila anda merasa ada yang tidak wajar maka mulailah untuk membuat perencanaan baru.
Buatlah rincian anggaran untuk pengeluaran 1 tahun mendatang, siapkan dana bulanan untuk hal hal yang tidak terduga. Misalnya, Tabunglah uang anda, menabung adalah cara yang sangat efektif untuk tetap membuat keuangan anda terjaga, setidaknya sisakan 15% – 30% uang anda untuk masa depan.
Jika memungkinkan, anda dapat menginvestasikan uang anda untuk usaha lainnya, hal ini sangat baik untuk membantu keuangan anda agar lebih banyak pemasukan dari pada pengeluaran.
  • Lengkapi Kebutuhan Bisnis

Menuju kesuksesan tidak selalu mudah dan lancar, kita pasti akan menemui berbagai macam kendala dan masalah. Misalnya dengan bertambahnya permintaan produk tentu tidak bisa mengharapkan tenaga manusia untuk mengerjakannya. Mau tidak mau harus ada mesin pendukung agar dapat mempercepat produksi.
Setidaknya Anda harus mempersiapkan dan memiliki alat-alat khusus tersebut agar bisnis Anda tetap bertahan. Dan untuk memperolehnya anda harus memiliki jaringan bisnis yang kokoh, perencanaan bisnis yang matang serta memiliki kekuatan finansial yang baik.
Ingat untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis bukan hanya ditentukan pada produk yang ditawarkan saja namun banyak hal lainnya, seperti kinerja tim, pelayanan konsumen, cara pemasaran dan promosi, manajemen keuangan, serta penambahan teknologi untuk usaha tersebut.
Dari Berbagai Sumber