Tlp SekarangWA Sekarang
Punya Gaji bulanan yang kecil?

No Money via ilmubahasainggris.com

Gaji bulanan memang saat yang di tunggu – tunggu banyak orang. Tapi bagaimana jika gaji bulanan anda kecil ? tentu saja anda harus hemat dalam menggunakanya, nah di bawah ini ada tips mengatasinya cek saja :

Ini dia cara dan tips cermat mengatasinya

1. Buatlah Anggaran Bulanan

Rencanakan anggaran bulanan Anda. Mulailah membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Untuk kebutuhan Pokok seperti makan, transport bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dsb. Sedangkan untuk kebutuhan Pribadi, buatlah anggaran untuk Belanja, traveling, hingga anggaran hangout dengan teman-teman atau rekan kerja Anda.

2. Bayar Tagihan Anda dengan Segera

Saat memperoleh gaji, hal yang pertama yang Anda lakukan adalah membayar semua tagihan Anda di awal. Dari mulai tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting, agar tak mengganggu biaya kebutuhan Anda sehari-hari. Dengan memisahkan atau membayarkannya terlebih dahulu tentu akan membuat Anda lebih tenang untuk mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

3. Jangan Lupa Sisihkan Untuk Menabung

Jika belakangan ini Anda selalu menyisihkan sisa gaji untuk tabungan, kali ini cobalah menabung terlebih dahulu sebelum Anda menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Hal ini berguna, untuk menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting.

4. Buat Laporan Keuangan Harian

Simpanlah struk belanja yang Anda Peroleh setiap kali berbelanja. Catatlah semua pengeluaran Anda setiap harinya. Selain cara ini menolong Anda mengetahui kemana saja uang yang digunakan selama ini, ini juga dapat membantu Anda memantau barang-barang apa saja yang  tidak harus Anda beli di bulan depan.

5. Bijaklah Menggunakan kartu Kredit

Kartu kredit juga dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan, jika Anda dapat memakainya dengan pandai. Misalkan, gunakan diskon yang diberikan untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan, atau bisa dialokasikan untuk membayar semua tagihan-tagihan Anda. Jangan lupa untuk segera melunasi tagihan pada kartu kredit  Anda ketika menerima tagihan kartu kredit.

6. Penanaman Untuk Masadepan

Sesudah Anda menyisihkan untuk tabungan dan gaji bulanan pada kebutuhan sehari-hari. Namun masih ada kelebihan dana dari gaji tersebut. Ada baiknya jika Anda menggunakan dana tersebut untuk investasi dengan mengikuti Asuransi, Reksa Dana, maupun membeli emas ataupun perhiasan dengan nilai jual tinggi.

Hal ini berbeda dengan menabung, jika menabung Anda bisa mengambilnya setiap saat. Di Investasi, uang yang Anda simpan dalam bentuk lain dan tidak bisa Anda ambil kapanpun sesuai keinginan. Cara ini tidak hanya membuat uang Anda diam di tempat, namun juga dapat menguntungkan Anda di masa depan.

Nah itu lah beberapa tips nya. Semoga bermanfaat ya sekian terima kasih.