Tlp SekarangWA Sekarang
Perlu Anda Ketahui Keuntungan Rajin  Menabung Dari Sejak Dini

Menabung Sejak Dini via klasika.kompas.id

Menabung memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat menabung bukan hanya untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan dan untuk dana cadangan dimasa yang akan datang. Tapi masih ada manfaat lain yang belum di ketahui oleh anda tanpa sadar, diantaranya yaitu :

1. Melatih Perencanaan

Setiap orang tua tentunya mengajarkan anaknya untuk memeli sesuatu yang tetapi dengan cara harus menabung terlebih dahulu. Artinya, untuk memiliki sesuatu harus memiliki sebuah perencanaan yang matang. Contoh jika anda ingin memiliki rumah, maka harus merencanakannya dengan baik terlebih dahulu. Berapa dana yang harus dikeluarkan ketika membangun rumah.

Dan untuk mencukupi tersebut, anda harus menabung dan terus berusaha untuk mendapatkan uang sedikit demi sedikit. Dengan menabung anda telah melakukan perencanaan yang baik. Dengan menabung anda telah melatih keterampilan perencanaan untuk mencapai apa yang di idamkan. Perencanaan yang matang dan dibarengi dengan menabung untuk mencapainya akan membuat kita menjadi orang yang sukses.

2. Melatih kesabaran

Segala sesuatu apa yang di inginkan tentunya harus menabung setiap hari dan hal itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Bayangkan saja, setiap hari kita hanya bisa menabung 5 ribu rupiah perhari yang disisihkan dari uang jajan sekolah. Berapa lama waktu yang harus kita tunggu untuk mendapatkan uang sebesar 1 juta rupiah untuk membeli sesuatu yang di inginkan contohnya membeli sepeda.

Sehingga untuk mendapatkan sepeda baru tersebut dengan cara menabung membutuhkan kesabaran. Dengan menabung untuk membeli sesuatu yang diinginkan, kita secara tidak senagaja telah melatih diri kita untuk lebih sabar. Latihan kesabaran ini tentu saja sangat bermanfaat bagi kehidupan. Oleh karena itu, sejak dini kita ajarkan anak-anak kita untuk menabung walaupun sebenarnya uang untuk membeli sepeda itu ada dan mencukupi.

3. Melatih Disiplin

Menabung akan melatih hidup kita menjadi lebih disiplin. Dengan menabung, seorang anak akan mendisiplinkan dirinya sendiri dalam hal pengeluaran keuangan. Dia akan belajar memilih mana yang lebih utama untuk dibeli, sehingga uang sakunya ada sisa untuk ditabung.

Untuk membeli sepeda baru, maka seorang anak akan terus mendisiplinkan dirinya dengan setiap hari menabung. Setiap hari dia akan berusaha menyisihkan uang jajannya untuk mendapatkan apa yang diimpikannya. Jika ini dilakukan terus menerus, maka kebiasaan disiplin seperti ini akan membuatnya menjadi pribadi yang baik.

4. Melatih Menata Keuangan

Supaya dapat menabung, seorang anak akan berusaha semaksimal mungkin mengurangi kegiatan belanjanya supaya uang belanjanya ada sisa. Dia akan belajar untuk menata sedemikian rupa uang belanjanya supaya ada sisa untuk ditabung. Dia akan belajar dengan sendirinya untuk memanagemen keuangannya. Dan ini akan sangat bermanfaat bagi anak ketika sudah dewasa nanti.

5. Melatih Hidup Sederhana dan Tidak Boros

Dengan menabung, secara tidak langsung dia akan berlatih untuk hidup sederhana. Dengan menabung secara tidak sengaja seseorang akan terlatih untuk memilih apa yang sangat diperlukan dan apa yang tidak seharusnya dibeli.

Dengan menabung, seseorang akan belajar tentang pentingnya menentukan sebuah prioritas dalam membelanjakan uangnya. Jika dianggap sangat penting maka dia akan membelanjakannya. Dan jika dipandang tidak perlu maka uang tersebut akan disimpan dan ditabung.

Di kutip dari berabgai sumber.