Tlp SekarangWA Sekarang
Perlu Anda Ketahui Cara Mengecek Saldo Bpjs Ketenagakerjaan Dengan Mudah

Cek Saldo via intanblog.com

Sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam UU Ketenagakerjaan, semua bagian pekerja yang ada di Indonesia harus menggunakan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan untuk melindungi pekerja dari risiko terkait kesehatan, jaminan hari tua, dan segala manfaat yang tergantung dalam BPJS tersebut.

Sebagai pekerja yang menerima upah dan pemberi kerja (perusahaan) yang membayar upah, keduanya harus memahami segala hak dan kewajiban yang terkandung dalam BPJS tersebut. Ada banyak manfaat yang didapatkan dalam BPJS tersebut. Contoh, manfaat yang terikat dengan jaminan kecelakaan kerja sekaligus Jaminan Hari Tua (JHT).

Bagaimana Cara Kerja dari BPJS Ketenagakerjaan?

Sebagai cara kerja asuransi kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan bekerja berdasarkan premi yang dibayarkan pekerja dan pemberi kerja yang dikelola untuk berbagai investasi. Hasil dari investasi tersebut akan dikembalikan lagi kepada peserta BPJS seperti halnya sebuah tabungan atau investasi.

Sebagai contoh, program JHT (Jaminan Hari Tua) dalam BPJS Ketenagakerjaan. Dalam program JHT, iuran tersebut dibayarkan langsung oleh perusahaan dengan memotong penghasilan pekerja dengan perhitungan 3,7% ditanggung perusahaan dan 2% ditanggung pekerja. Atau jika ditotal sebesar 5,7% dari upah. Untuk program lainnya seperti JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JKM (Jaminan Kematian), Jaminan Pensiun, dan Bukan Penerima Upah.

Selama ini pekerja hanya mengandalkan print out yang dikirimkan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan setiap setahun sekali untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaannya.

Namun sebenarnya pihak BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan kemudahan kepada pesertanya untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui beberapa cara yang lainnya. Dapat melalui online/internet dan SMS, menggunakan perangkat computer maupun mobile/ponsel melalui aplikasi yang disediakan BPJS Ketenagakerjaan.

Saat ini berbagai informasi terbaru dapat diperoleh secara online layaknya asuransi. Informasi yang tertuang dalam website resmi BPJS bisa memberikan informasi kepada peserta mengenai cek saldo JHT (Jaminan Hari Tua), Informasi terbaru program BPJS, Informasi kantor cabang BPJS, Informasi program JHT, Informasi program JKM (Jaminan Kesehatan Masyarakat), serta Informasi seputar BPJS lainnya.

Berbagai kemudahan layanan tersebut merupakan upaya dari pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk memperbaiki pelayanan kepada konsumen, yang sebagian besar merasa masih kurang maksimal karena berbagai masalah.

Dengan adanya fasilitas untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online dan melalui SMS, nasabah akan semakin terbantu dan mudah jika ingin mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang dimilikinya. Di bawah ini ada beberapa cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, diantaranya yaitu :

1. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Cara Manual

Disebut manual karena cara ini merupakan cara yang paling sering dilakukan sebelum penerapan digitalisasi seperti saat ini, yaitu dengan mendatangi langsung Kantor BPJS Ketenagakerjaan, kemudian menjumpai petugas yang ada untuk minta diprintkan slip saldo BPJS Ketenagakerjaan. Namun, cara manual ini sudah mulai ditinggalkan seiring semakin banyaknya pilihan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang lebih mudah dan praktis.

2. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui ATM BNI

Cara ini hanya khusus bagi nasabah Bank BNI, yaitu dengan cara mendatangi ATM BNI untuk melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan. Bank BNI telah bekerja sama dengan pihak yang terkait untuk memberikan pelayanan yang lebih mudah untuk dilakukan bagi pengguna BNI.

Secara waktu yang sebenarnya nasabah bank BNI dapat melakukan pengecekan kapan pun. Namun, yang patut diketahui, Anda hanya dapat mengecek jumlah saldo Anda. Sayangnya, untuk pengambilan saldo yang Anda miliki, tidak dapat dilakukan langsung di ATM BNI.

3. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Cara ini dapat dilakukan bila peserta BPJS Ketenagakerjaan selama mereka dalam jangkauan internet. Untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui internet atau secara online, peserta dapat mengaksesnya melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan, dengan cara di bawah ini :

1. Siapkanlah kartu BPJS Ketenagakerjaan atau Nomor KPJ Anda dan kunjungi website

2. Masukkan user ID dan password di login jika sebelumnya sudah pernah mendaftar. Namun, jika Anda belum pernah mendaftar, harus mendaftar lebih dulu dengan cara klik tulisan registrasipada menu Tenaga Kerja (jika berstatus sebagai tenaga kerja).

3. Ketika mendaftar, pilihlah jenis keanggotaan sebagai Tenaga Kerja dan isilah form yang sudah tersedia dengan lengkap dan benar.

4. Kemudian pilihlah stuju pada kolom ketentuan penggunaan layanan.

5. Bila data sudah terisi lengkap dan benar, klik daftarkan atau submit data.

Setelah semuanya selesai dan sudah mendaftar, silakan tunggu email konfirmasi atau balasan pesan SMS dari nomor ponsel (HP) untuk aktivasi akun. Jika sudah menerima email atau SMS konfirmasi, silakan masukkan kode aktivasi di alamat yang sudah tersedia lalu klik tombol kirim, supaya User Id dan Password dapat digunakan.

Kemudian cek inbox email Anda. Bila sudah aktif, dapat langsung melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan via online dengan terlebih dahulu login menggunakan email yang Anda daftarkan dan PIN.

1. Setelah masuk di menu member BPJS  Ketenagakerjaan, pilihlah menu lihat saldo JHT.

2. Kemudian pilihlah KPJ BPJS Ketenagakerjaan Anda, lalu klik tombol submit, jumlah saldo Anda akan muncul di layar.

3. Setelah puas mengetahui jumlah saldo, Anda dapat kembali ke homedan browsing dengan mengklik menu-menu layanan online BPJS Ketenagakerjaan lainnya, seperti informasi rincian Saldo JHT tahunan, informasi Profil Anda, simulasi Saldo JHT, dan formulir pengajuan klaim secara online.

Di kutip dari berbagai sumber.