Tlp SekarangWA Sekarang
Penyebab Munculnya Masalah Keuangan

Masalah Keuangan via magazine.job-like.com

Persoalan yang paling banyak dialami dalam menjalani kehidupan biasanya yaitu masalah finasial. Masalah tersebut bukan saja terjadi pada kalangan menengah, namun terjadi pula pada kalangan atas.

Salah satu penyebabnya yaitu karena gagal mengelola keuangan. Berapapun penghasilan yang Anda miliki, apabila tidak dikelola dengan baik, tentu akan menimbulkan masalah.

1. Tidak Memiliki Perencanaan

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Jadi sebaiknya buatkan perencanaan keuangan yang baik.

2. Sulit Menabung

Seharusnya anda biasakan setelah belanja kebutuhan, sisakan uang untuk menabung. Namun sayangnya tidak semua orang bisa melakukannya, mungkin karena mendapatkan gaji kecil, selain itu jika memang gaji anda kecil, anda bisa melakukan pekerja sampingan seperti bisnis online.

3. Tidak  Memiliki Rencana Masa Depan

Setiap orang pasti memiliki banyak rencana untuk masa depannya, mungkin menikah, jalan-jalan bersama keluarga, atau mungkin kuliner di luar kota, membangun rumah,  atau mungkin berinvestasi.

4. Alokasi Tidak Seimbang Dengan Dana Darurat

Banyak orang yang tidak berpikir betapa pentingnya dana darurat. Padahal, adanya dana darurat dapat menyelamatkan kondisi anda yang sedang terdesak dan membutuhkan uang secepatnya.

Untuk itulah, gaji yang baru saja anda dapatkan jangan langsung dibelanjakan. Biasakan untuk menyisihkan sebagian uang dengan konsisten untuk dana darurat anda.

5. Boros

Hal ini sudah jelas membuat anda gagal untuk menabung, sebaiknya rubah gaya hidup boros menjadi gaya hidup hemat.

6. Tidak Dapat Memisahkan Antara Keinginan dan Kebutuhan

Untuk menghindari masalah keuangan, anda harus bijak dalam memutuskan mana yang menjadi keinginan dan mana yang menjadi kebutuhan. Ketidakmampuan membedakan antara kebutuhan dan keinginan sering menjadi bumerang yang akibatnya menjadi masalah dalam penataan keuangan. Sebaiknya anda selalu membuat daftar belanjaan sebelum membeli sesuatu.

7. Terlalu Sering Meminjam Uang

Meminjam Uang bukanlah sebuah kebiasaan yang baik jika dilanjutkan terus-menerus. Apalagi jika tujuan anda meminjam uang adalah untuk memenuhi keinginan semata.

Namun, kalau anda sudah memiliki tumpukan utang, segeralah buat rencana untuk melunasi utang tersebut. Jangan biarkan utang-utang tersebut menumpuk terlalu lama. Setelah pelunasan, usahakan untuk tidak berutang lagi, kecuali digunakan untuk hal-hal yang produktif dan menguntungkan.

Di kutip dari berbagai sumber.