Tlp SekarangWA Sekarang
Manfaat Memberikan Kartu Kredit Pada Anak

Kartu Kredit Via mengelolakeuangan.com

Mempunyai kartu kredit dan menjadi pengguna aktif merupakan  sesuatu hal yang wajar dilakukan oleh banyak orang. Kini kartu kredit sudah menjadi kebutuhan wajib dan gaya hidup yang dilakukan oleh orang-orang kaya yang selalu mengedepankan kenyamanan dan kemudahan dalam hidupnya.

Bahkan demi alasan kenyamanan, kemudahan, dan kebebasan banyak orang tua zaman sekarang yang sudah mulai memberikan kesempatan kepada anaknya untuk memegang kartu kredit sendiri.

Sayangnya, banyak diantara mereka yang memberikan kebebasan kepada anak-anaknya untuk mengakses kartu kredit tanpa pembekalan yang mereka ajarkan. Sehingga anak tersebut menjadi tidak terkontrol dan menyalahgunakan fasilitas akses kartu kredit tersebut.

Orang tua wajib memastikan usia anaknya sudah cukup dewasa untuk menggunakan kartu kredit atau belum. Selain itu orang tua juga wajib memberikan pendampingan dan pemahaman mengenai manfaat kartu kredit dan bahaya yang muncul apabila menggunakannya secara sembarangan.

Sebenarnya memberi kesempatan anak untuk mengelola kartu kredit  sendiri mempunyai dampak positifnya juga. Kartu kredit tersebut dapat menjadi alat pembelajaran untuk mendidik anak agar lebih bijak mengelola keuangannya.

Langsung saja simak berikut ini ada beberapa manfaat positif bagi anak yang mempunyai kartu kredit :

  1. Belajar Mengelola Keuangan

Memperkenalkan dan memberikan fasilitas kartu kredit adalah salah satu cara tepat mengajari anak mengelola keuangan dengan cermat. Anda bisa lihat sampai sejauh mana kemampuan anak dalam belajar mengatur pemasukan, pengeluaran, dan utang.
Orang tua dapat menentukan batas limit yang bisa digunakan anaknya, sehingga anak dapat belajar bertanggung jawab atas keuangannya. Lakukan pengecekan secara rutin terhadap pemakaian kartu kredit anak setiap bulannya, hal ini  untuk mencegah penyalahgunaan fasilitas kartu kredit.
  1. Memberi Rasa Tanggung Jawab

Memberikan kepercayaan kepada anak untuk menggunakan kartu kredit, berarti anda telah melatih dan menanamkan rasa tanggung jawab kepada anak untuk mengelola sendiri keuangannya. Orang tua harus tetap memantau dan melihat bagaimana cara anak mengemban kepercayaan tersebut yang telah diberikan padanya.
Pendampingan dari orang tua sangat diperlukan karena anak masih sangat rentan tergoda untuk mencoba sesuatu yang baru. Nah, pastikan anda mengajarkan tanggung jawab pada sang anak untuk menggunakan kartu kreditnya secara cerdas dan bijaksana.
  1. Belajar Mengendalikan Diri 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas anak muda sangat rentan terhadap godaan, Entah itu, berasal dari media sosial, media elektronik, iklan, sales promo maupun dari teman sepergaulannya. Hal ini tentunya anak belajar mengendalikan diri agar tidak tergoda untuk mencoba sesuatu baru atau membeli barang baru yang sebenarnya tidak dibutuhkan.
Berikan pemahaman pada anak bahwa kartu kredit bukan merupakan uang orang tua, melainkan hutang kepada bank yang harus dibayar, jadi semakin sering kartu kredit tersebut digunakan maka jumlah tagihan utangnya juga akan semakin banyak.
Dari Berbagai Sumber