Tlp SekarangWA Sekarang
Langkah Mudah Jadi Pengusaha Sukses

Langkah Pengusaha Via lebahmaster.com

Mendirikan bisnis atau usaha sendiri memang akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita. Selain bisa mengelola keuangan dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar, para pengusaha yang sukses bisa memiliki kebanggaan tersendiri karena bisa membantu orang lain memperoleh pekerjaan darinya.

Sebagai pengusaha dalam menjalankan bisnis akan dihadapkan pada permasalahan dan rintangan untuk bisa menjadikan usahanya tetap berhasil dan dan semakin berkembang. seorang pengusaha harus melakukan sesuatu yang luar biasa.

Apalagi di tengah kondisi perekonomian yang serba sulit seperti sekarang, seorang pengusaha harus mempunyai kekuatan dan mental yang hebat untuk menjadikan bisnisnya terus bertahan. Jika Anda adalah seorang pengusaha yang ingin bisa mempertahankan bisnis yang dimiliki, Anda harus menerapkan beberapa langkah.

Langsung saja simak berikut ini :

  1. Lakukan Inovasi

Langkah pertama untuk menjadi seorang pengusaha sukses yaitu dengan tetap berinovasi yang kreatif. Inovasi memang sebuah cara yang bisa membuat sesuatu yang usang menjadi lebih bernilai kembali. Sebuah ide atau produk yang sudah lama beredar memang akan membuat pasar menjadi jenuh.
Maka untuk membuatnya kembali bergairah, Anda harus berinovasi mengkreasikan produk lama. Namun Apabila Anda tidak mau berinovasi, maka Anda harus bersiap untuk mengerutkan dahi karena penjualan yang akan semakin menurun. Dunia bisnis memang bergerak dinamis dan menciptakan perubahan.
Bayangkan dulu sebuah ponsel monochrome dan monophonic telah membuat kita senang, Lihatlah sekarang, dunia bisnis ponsel telah berubah menjadi produk ponsel pintar (smartphone). Jika Anda bertekad untuk melakukan inovasi Anda harus bersungguh-sungguh untuk melakukannya.
Anda harus membentuk sebuah tim kreatif yang berpengalaman serta sumber daya waktu dan dana untuk menghasilkannya. Selain itu Anda sendiri sebagai pemimpin bisnis juga harus sering melakukan pengamatan dan survey pasar hingga bereksperimen dengan hal yang baru agar inovasi yang dihasilkan selalu mengikuti tren yang sedang berkembang.
  1. Jangan Cepat Puas 

Seorang pengusaha bisa saja merasa dirinya sudah puas dengan apa yang mereka dapat. Sikap tersebut sangat tidak baik untuk Anda dan bisnis Anda. Karena pemimpin bisnis yang terlalu cepat puas akan membuat bisnisnya tidak berkembang dan diam disitu-situ saja.
Karena itu rasa cepat puas haruslah dihilangkan dari dalam diri seorang pemimpin bisnis, karena perkembangan dan pertumbuhan bisnis tidak ada batasnya. Anda bisa mengembangkan bisnis bahkan bisa saja melampaui ekspektasi Anda sendiri.
Untuk mendapatkan sebuah rasa haus akan sebuah pencapaian, Anda harus terus berani menantang diri Anda. Misalnya target pertama telah sukses dilakukan, maka cobalah untuk menarget yang berikutnya yang lebih besar.
Atau jika telah berhasil dengan sebuah produk, Anda harus bisa menantang diri Anda ke produk yang lain. Inilah sebuah mental dan ambisi yang harus dimiliki seorang pengusaha untuk bisa sukses dan berkembang.
  1. Perluas Jaringan

Seorang pengusaha tanpa jaringan atau networking bagaikan mayat hidup. Karenanya Anda sebagai pebisnis, Anda pasti akan membutuhkan orang lain agar bisa membuat bisnis anda semakin berkembang maju. Jaringan tersebut akan sangat akan membantu Anda untuk menjadikan bisnis tetap sukses dan bertahan lama.
Semakin banyak jaringan atau koneksi yang Anda miliki semakin besar pula peluang untuk menjadikan usaha Anda eksis dan berkembang lebih pesat. Karenanya jangan lelah untuk mengenal orang dari beragam kalangan demi melebarkan cakupan bisnis yang anda miliki.
Bergabunglah dengan komunitas atau perkumpulan para pebisnis yang ada di kota Anda. Hal yang perlu diingat oleh setiap penguasaha yaitu, bahwa dirinya bukanlah seorang pemimpin di sebuah perusahaan saja, Melainkan di sisi lain para pebisnis ini sebenarnya juga merangkap sebagai seorang public relations dan juga tenaga marketing.
  1. Tambah Wawasan

Untuk menjadikan Anda sebagai pengusaha sukses dan eksis, Anda tidak perlu malu untuk menggali ilmu dari senior yang sudah berpengalaman, bahkan junior atau bawahan Anda.
Dengan ilmu dan wawasan yang semakin banyak, Anda akan mampu membuat dan mengaplikasikannya agar bisa mempertahankan bisnis dari persaingan yang sangat ketat.
  1. Tingkatkan Pelayanan 

Sebuah pelayanan atau service kepada para customer memang salah satu hal yang sangat penting. dengan adanya pelayanan yang baik maka konsumenpun akan terpuaskan. Dan bila konsumen terpuaskan maka mereka akan senang dan terus berlangganan pada Anda.
Dengan melakukan hal ini Anda akan sangat mudah untuk menjadikan bisnis Anda tetap berjalan dan bertahan diantara himpitan persaingan dan ekonomi yang serba tak menentu ini.
  1. Waspada Terhadap Bisnis Anda

Tetap waspada dan sigap dengan segala ancaman yang datang pada bisnis Anda. Saat ini orang memang bisa melakukan apa saja untuk bisa mengancam perjalanan bisnis Anda. Bukan hanya dari kompetitor, rekan bisnis dan mantan karyawan Anda. Hal ini juga bisa membuat ancaman kepada usaha Anda.
Umumnya para pengusaha yang terlalu lengah terhadap ancaman ini mereka bisa jatuh dan terpuruk seketika. Di tengah persaingan dan kondisi ekonomi yang makin ketat, sudah sepatutnya Anda mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat mengancam bisnis anda.
Dari Berbagai Sumber