Tlp SekarangWA Sekarang
Keterampilan Sederhana yang Bisa Dijadikan Lahan Bisnis

Laptop via qbalazhari.com

Kebutuhan yang semakin meningkat,gaji tidak bertambah,atau uang bulanan dari orang tua yang sudah habis di pertengahan bulan akhirnya membuat anda harus memutar otak dan mencari tahu bagaimana caranya supaya mendapatkan uang tambahan.

Dari pada anda bingung,kenapa tidak kembangkan saja keterampilan yang anda miliki untuk mendapatkan penghasilan tambahan? Anda bisa memanfaatkan keterampilan yang anda miliki sebagai jalan usaha dan menambah uang tambahan.  Anda jadi tidak akan bingung lagi kalau gaji di kantor atau uang bulanan dari orang tua anda semakin tiris bahkan habis. Mau tahu apa saja jenis keterampilan sederhana tersebut.

1. Ahli dengan menjual sebuah barang  di online shop

Di masa digital saat ini,penjualan atau pembelian melalui media sosial semakin menjamur. Siapa saja pasti akan membeli suatu barang melalui media sosial. Nah buat anda yang ahli dalam bidang penjualan,anda bisa banget memanfaatkannya dengan menggunakan media sosial anda.

Menjadi reseller atau dropshipper bisa menjadi pilihan yang anda ambil. Tidak perlu modal berlebih atau bahkan tanpa mengeluarkan modal anda bisa melakukan penjualan dengan media sosial. Cukup share produk,terima orderan,pesan barang ke penjual utama lalu kirim ke pembeli.

2. Buat yang hobi menulis,anda bisa menjadi penulis lepas

Hobi menulis di blog pribadi atau hanya sebatas coretan di buku? Kenapa tidak coba kembangkan hobi anda t sebagai penulis lepas? Selain hobi anda teralirkan,kantong rupiah juga akan anda dapatkan nantinya. Saat ini banyak media online yang membuka kesempatan untuk penulis lepas menjadi kontributor mereka dan pastinya anda akan dibayar per artikel yang ditayangkan. Gimana? Seru kan nulis sambil dibayar? Tidak cuma kantong rupiah saja yang akan anda terima, nama anda juga akan dikenal para pembaca.

3. Punya bakat menjadi seorang pengajar,guru les privat bisa jadi pilihan anda

Memiliki bakat menjadi seorang guru? Anda bisa menjadi guru les privat. Dilihat waktu anda yang kosong bisa anda manfaatkan untuk mengajar privat,entah pelajaran formal ataupun non formal. Sesuaikan saja dengan keahlian anda. Kalau anda ahli matematika anda bisa mengajar matematika atau mengajar pelajaran formal lainnya. Kalau ahli pelajaran non formal seperti memainkan alat musik,anda bisa mengajar alat musik.

Keahlian yang anda miliki ini jangan disia-siakan. Siapa tahu dengan mengajar les privat,suatu saat nanti anda bisa mengembangkannya menjadi sebuah usaha seperti membuat tempat kursus sendiri lalu memasukan  orang-orang baru untuk membantu anda.  Manfaatkan media sosial atau dari mulut ke mulut untuk memulai usaha ini.

4. Hobi memasak,kreasikan saja masakan anda menjadi makanan menarik

Hobi memasak dan ahli membuatkan  makanan anda? Kenapa tidak asah buatan anda menjadi sesuatu yang bernilai? Di zaman yang serba hits dan kekinian,anda bisa membuatkan makanan buatan anda,lalu difoto dan diupload di media sosial milik anda kemudian anda bisa menjualnya.

Mungkin tidak langsung banyak yang beli,hanya sebatas orang-orang terdekat anda. Tapi anda tidak tahu ke depannya seperti apa? Siapa tahu orang-orang terdekat anda itu justru mempromosikan makanan buatan anda ke orang lain dan pelanggan anda akan semakin banyak.

5. Suka dunia fotografi,bisa menjadikan anda seorang fotografer

Siapa sih yang tidak suka mengabadikan setiap saat yang mereka lewati dengan memotret? Pasti semua suka,termasuk anda. Nah kalau anda memang betul-betul hobi dengan dunia fotografi,hobi anda ini bisa jadi peluang anda mendapatkan tambahan uang jajan. Anda bisa membuka jasa fotografer freelance. Tanpa harus menganggu waktu istirahat anda,hobi ini justru tidak akan membuat anda mudah lelah dan yang terpenting anda akan mendapatkan penghasilan.

6. Bunga yang anda rangkai juga bisa jadi ladang menambah uang saku

Suka bunga dan hobi merangkainya? Jadikan ini sebagai ladang usaha anda. Anda bisa membuat bucket bunga lalu di jual pada saat momen-momen spesial entah wisuda,anniversary,ulang tahun,atau siapa aja yang mau kasih buat orang-orang spesial mereka.  Anda bisa juga membuatnya menjadi flower crown cantik yang bisa dipakai untuk acara-acara party atau wedding.

7. Jago menguasai bahasa asing ,jadi translator aja

Anda menguasai bahasa asing? Kalau ini bisa jadi kesempatan anda membuka ladang usaha anda sendiri dengan menjadi seorang translator atau penerjemah. Anda bisa memulainya dari menerjemahkan artikel,skripsi atau dokumen-dokumen lainnya.

Jika satu halaman anda hargai dengan 50.000 rupiah saja,bayangkan jika anda harus menerjemah 10 halaman? Anda bisa mendapatkan 500.000 rupiah. Lumayan banget,kan? Tempat kerjanya pun fleksibel,anda bisa mengerjakannya di rumah,kafe atau bahkan bertemu langsung dengan klien anda. Promosikan saja diri anda pada teman-teman anda,media sosial atau bahkan bisa melalui situs yang bisa anda jumpai di internet.

Dari tujuh keterampilan di atas keterampilan mana yang anda miliki? Jangan lupa dikembangkan ya supaya uang anda bertambah.

Dari berbagai sumber..