Tlp SekarangWA Sekarang
Kelebihan Menggunakan Kartu Kredit

Gesek ATM via swa.co.id

Kartu kredit atau biasa disebut Credit Card adalah alat pembayaran pengganti uang tunai yang dapat digunakan oleh konsumen untuk ditukarkan dengan barang dan jasa yang diinginkannya di tempat-tempat yang dapat menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.

Jadi pada prinsipnya kartu kredit diciptakan ini dikeluarkan oleh bank tujuannya untuk kemudahan para penggunannya ATM. Untuk cara kerjanya sendiri kartu kredit diatur oleh Bank Indonesia (BI) sebagaimana halnya produk perbankan yang lain.

Saat ini banyak sekali dan sudah tidak hal asing lagi orang yang menggunakan kartu kredit, mungkin karena sudah menjadi kebutuhan dan kemudahan yang ditawarkan, bahkan Bank-bank pun terus berinovasi dan berlomba-lomba melakukan penawaran menarik dengan banyak memberikan diskon atau bonus tujuannya untuk menarik nasabah dengan menggunakan kartu kredit tersebut.

Sekarang dunia perbankan terus berkembang dan bank juga ada yang menerbitkan kartu kredit lebih dari satu jenis yang disesuaikan dengan masing-masing dari kebutuhan nasabah. kartu kredit bisa dibagi menjadi beberapa jenis dan memiliki tipe sebagai berikut:

  1. Kartu kredit silver, biasanya memiliki limit yang kebanyakan dimiliki oleh karyawan selevel staff atau kalangan menengah.
  2. Kartu kredit gold, biasanya memiliki limit yang dimiliki oleh karyawan selevel supervisor atau manajer.
  3. Kartu kredit platinum, biasanya memiliki limit lebih dari 20 juta, biasanya tipe kartu ini diperuntukkan kepada direktur atau pebisnis atau kalangan atas.

Keunggulan menggunakan Kartu Kredit sebagai alat bantu pembayaran yang umum di sebagian kalangan masyarakat, bahkan saat ini menggunakan kartu kredit sudah menjadi trend dan merupakan gaya hidup. sebaiknya anda harus tahu terlebih dahulu apa keunggulan dalam menggunakan kartu kredit.

Kelebihan Kartu Kredit

Kartu kredit bahkan memberikan banyak peluang tambahan bagi konsumen pengguna untuk mendapatkan kemudahan baik dalam bertransaksi atau teori pembayaran yang bisa dicicil. Namun terlepas dari itu semua untuk lebih jelasnya mengenai kelebihan kartu kredit bisa anda baca dibawah ini, antara lain:

  1. Kartu kredit dapat digunakan untuk mempermudah seorang nasabah sebagai alat pembayaran, sehingga penggunanya tidak perlu membawa uang cash jika ingin melakukan pembayaran dalam segala hal seperti belanja, pembayaran rekening listrik, pembayaran rekening telephon dan lain sebagainya.
  2. Kartu kredit dapat digunakan untuk mengumpulkan semua bentuk pengeluaran belanja dalam satu tagihan sehingga waktu yang kita keluarkan dapat lebih efisien, sehingga penggunanya bisa mencatat pengeluaran secara rutin untuk mempermudah dalam mengelola keuangan.
  3. kartu kredit dapat digunakan untuk menghemat pengeluaran, contoh pengguna kartu kredit bisa memanfaatkan meoment-moment untuk mendapatkan diskon seperti diskon kamar hotel, diskon makan di restoran, atau diskon belanja di Mall atau minimarket.
  4. Menggunakan kartu kredit Pengeluaran akan lebih terperinci yang tertera jelas di rekening giro, bisa untuk melakukan cross checking pada akhir bulan untuk mengetahui apa saja yang anda belanjakan.
  5. Kartu kredit tertentu ada yang memberikan servis lebih untuk menarik nasabah seperti memberikan asuransi kesehatan, perjalanan, pencurian, atau kerusakan barang yang dibeli dengan kartu tersebut.
  6. Pemilikan kartu kredit international dalam pengguanaan bisa sangat luas bukan hanya sekedar di dalam negeri saja, sehingga mempermudah penggunanya yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa harus membawa uang cash dalam perjalanan.
  7. Kartu kredit juga bisa untuk melakukan transaksi lewat internet seperti belanja online, sehingga anda tidak perlu susah payah melakukan transfer ke Bank untuk melakukan pembayaran.
  8. Bisa belanja terlebih dahulu (kredit) sehingga bisa bayar bulan depannya, namun perlu anda ketahui dengan sistem ini anda dikenakan bunga sekitar 2,5% – 3 %, ini tergantung bank yang bersangkutan yang mengeluarkan kartu kredit.
  9. Bisa melakukan transaksi bisnis di internet dengan menuliskan nama dan nomor kartu kredit biasanya memiliki nomor 16 digit.
  10. Kemudahan dalam melakukan pembayaran yang bisa dilakukan dengan mencicil atau membayar minimun dari tagihan yang dikirim tiap bulannya, namun jangan sampai terlena yang bisa memberatkan anda nantinya.
  11. Kartu kredit memiliki Tingkat keamanan yang cukup tinggi, sehingga bila kartu kredit hilang anda bisa segera melapor ke card center untuk melakukan pemblokiran kartu kredit anda tersebut.
  12. Kemudahan dalam menggunakan dana pihak lain tanpa bunga bila dilakukan pembayaran lunas tiap tagihan datang, dan memungkinkan penggunanya akan mendapat berbagai hadiah atau tawaran dengan harga diskon khusus bagi pemegang kartu kredit tertentu.

    Di kutip dari berbagai sumber.