Tlp SekarangWA Sekarang
Cara Terbaik Mempersiapkan Dana Pensiun Dari Sejak Dini

Dana Pensiun via carainvestasibisnis.com

Setiap orang pasti akan mengalami masa pensiun, hal tersebut terjadi di mana produktifitas kita akan mengalami penurunan karena tenaga sudah berkurang, dan saat usia sudah tidak memungkinkan untuk bekerja, baik itu karena masalah kesehatan atau karena faktor lainnya.

Oleh karena itu, mau tidak mau harus mempersiapkan segala keperluan untuk menghadapi masa pensiun, sebaiknya sejak dini atau ketika usia Anda masih dalam masa produktif, sejak Anda harus mampu mempersiapkan untuk menghadapi masa pensiun ini. Banyak orang bilang kalau masa muda merupakan masa kebebasan alias tanpa beban dalam kehidupan.

Tapi kalau Anda tidak mempedulikan persiapan untuk masa pensiun sejak usia muda, justru kedepannya Anda malah akan merugikan diri Anda sendiri. Hal tersebut karena persiapan unutk menghadapi masa tua bermula dari persiapan Anda ketika masa muda dan pada saat masih berada di usia produktif.

Sejak masa muda, banyak hal yang harus Anda lakukan dalam rangka mempersiapkan untuk menghadapi masa pensiun ini.

Anda harus mempersiapkan sejumlah dana baik itu cash maupun bentuk investasi atau proteksi lainnya yang akan membuat Anda lebih tenang menghadapi hari tua dan supaya masa pensiun nanti Anda tidak merepotkan orang lain.

Apalagi hal yang paling mengejutkan adalah, dalam masa pensiun, berbagai resiko kesehatan atau serangan penyakit akan menghampiri Anda karena daya tahan tubuh yang sudah melemah.

Akibatnya, kemungkinan besar Anda akan keluar masuk rumah sakit demi memelihara kesehatan. Untuk itulah, berbagai tindakan antisipasi harus bisa Anda lakukan pada sejak dini.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dalam usia muda, sebenarnya Anda akan mampu untuk memulai memilih instrumen investasi.

Khusus untuk persiapan masa pensiun, Anda sangat disarankan untuk memilih instrumen investasi dengan risiko yang relatif lebih rendah, misalnya saja saham, reksadana, obligasi dan lainnya, dengan catatan, Anda harus sudah memahami potensi keuntungan dan risiko yang mungkin saja akan Anda terima ketika mulai berinvestasi pada pasar modal.

Selain itu, produk asuransi kesehatan juga sangat diperlukan. Hal ini berkaitan dengan mahalnya biaya pengobatan dari waktu ke waktu, bahkan mahalnya pengobatan ini justru bisa menjadi masalah tersendiri kalau Anda tidak cerdas dalam menyikapinya.

Tidak hanya itu, beberapa produk asuransi kematian juga sangat dibutuhkan, hal ini bertujuan untuk dapat menjaga ketersediaan dana bagi orang yang sekiranya masih menjadi tanggungan Anda. Kalaupun di masa pensiun nanti Anda sudah tidak memiliki tanggungan, maka klaim tersebut akan bisa dinikmati oleh anak cucu Anda.

Perlunya Memahami Siklus Keuangan yang Terjadi dalam Kehidupan Setiap Manusia

Sejak masa muda, Anda juga dituntut untuk bisa memahami kalau siklus keuangan Anda akan mengalami perubahan yang sangat signifikan. siklus keuangan yang terjadi dalam hidup Anda, dimana siklus tersebut secara garis besar terbagi dalam 3 masa atau periode, yaitu :

  • Masa pendidikan, masa ini merupakan rentang waktu 22 tahun. Dalam periode ini, Anda akan dituntut untuk mencari ilmu atau pendidikan setinggi-tingginya untuk masa depan yang lebih baik. Pendidikan yang tepat juga akan bisa menjadi bekal terbaik Anda untuk memasuki periode berikutnya.
  • Masa berkarir dan berkeluarga, masa ini terjadi sampai rentang waktu 38 tahun. Dalam periode ini, Anda akan dituntut untuk bekerja dan membina keluarga. Periode ini juga merupakan masa tenggang Anda untuk mendekati masa pensiun, yang harus Anda persiapkan.
  • Masa pensiun, biasanya masa ini terjadi selama rentang waktu 10 sampai 25 tahun. Dalam periode ini, Anda harusnya tidak perlu memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan mencari nafkah. Dalam periode ini juga, Anda bahkan sudah dianggap tidak produktif lagi.

Tapi sayangnya, untuk bisa menikmati masa pensiun yang benar-benar berkualitas, Anda dituntut untuk mempersiapkan dana pensiun minimalnya sebesar Rp 11 milyar.

Bahkan kalau dibagi selama 25 tahun dalam masa pensiun Anda, maka hasil yang di dapat adalah, Anda harus menyediakan dana pensiun sebesar 440 juta dalam setahun.

Maka dari itu, untuk mencapai titik nyaman dalam masa pensiun Anda. Mau tidak mau Anda harus mempersiapkan dana pensiun sejak dini, karena disadari atau tidak, pengadaan dana pensiun ini sangat berkontribusi besar untuk masa pensiun yang akan Anda nikmati.

Hal tersebut karena, secara otomatis masa pensiun ini akan memberikan hak Anda supaya tidak bekerja lagi, atau dengan kala lain istirahat untuk mencari uang. Maka dari itu, masa pensiun ini akan memberikan banyak sekali manfaa untuk Anda, diantaranya.

1. Pensiun Normal atau Normal Retirement.

Pensiun ini merupakan masa pensiun yang dimulai dengan usia paling rendah dalam cakupan masa pensiun, dimana karyawan akan berhak untuk menikmati masa pensiun tanpa membutuhkan beberapa persetujuan dari si pemberi kerja dengan memperoleh manfaat penuh dari dana pensiun Anda. pensiun ini bisa Anda lakukan jika Anda bersetatus sebagai karyawan.

2. Pensiun Dini.

Pensiun ini merupakan masa pensiun dalam usia pensiun yang lebih awal dari masa normal seorang karyawan mengajukan pensiun.

 

Biasanya pensiun ini dilakukan karena beberapa alasan tertentu. Untuk memperoleh manfaat pensiun dini ini, kebanyakan Anda harus memenuhi berbagai persyaratan khusus, dan ketika mencapai usia dan atau masa kerja tertentu, maka pensiun ini bisa Anda lakukan.

Jumlah manfaat pensiun ini akan dihitung berdasarkan actuarial equivalent dari jumlah pensiun yang terakumulasi sampai mencapai tanggal pensiun yang dipercepat tersebut.

3. Pensiun Ditunda atau Deffered Retirement.

Pensiun ini merupakan hak atas manfaat pensiun untuk peserta yang berhenti bekerja sebelum dia mencapai usia pensiun yang normal, dimana pembayaran dana pensiun ini akan ditunda pembayarannya sampai ketika usia peserta pensiun ini sesuai dengan peraturan dana pensiun yang ada. Pensiun ditunda ini akan memungkinkan karyawan yang secara mental dan fisik masih sehat untuk masih tetap bekerja, walaupun melampaui usia pensiun yang normal. Pensiun ini bisa Anda lakukan kalau Anda masih punya kesanggupan untuk tetap bekerja.

4. Pensiun Cacat atau Disable Retirement.

Pensiun ini merupakan memberikan pensiun dini yang diakibatkan kecelakaan yang bisa saja menimpa pekerja sehingga si pekerja ini tidak bisa lagi untuk melakukan pekerjaan seperti biasanya.

Ketika Anda memutuskan pensiun karena cacat, masa kerja Anda sebagai karyawan biasanya akan diakui seolah-olah Anda sudah bekerja sampai usia pensiun normal dan biasanya penghasilan dasar pensiun ini ditentukan pada saat peserta yang bersangkutan dinyatakan cacat permanen sehingga tidak mampu melaksanakan pekerjaannya lagi.

Namun perlu diketahui lebih dalam kalau manfaat yang dapat Anda peroleh ketika masa pensiun tiba akan sangat sia-sia kalau saja Anda tidak mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengahdapi masalah ini. Persiapan ini bisa berupa proteksi atau investasi yang telah disebutkan diatas.

Jika tidak disiapkan, maka masa pensiun yang Anda hadapi ini justru malah akan menjadi masa yang akan merepotkan keluarga Anda sendiri, baik itu istri, suami, atau bahkan anak-anak Anda.

Makna yang Sangat Penting dari Dana Pensiun

Selain itu, ternyata nilai dari dana pensiun ini begitu penting dan bahkan dinilai sebagai kebutuhan yang sangat vital. Bukan Cuma untuk Anda sebagai karyawan, ternyata dana pensiun ini dinilai sangat penting karena dana pensiun ini memiliki tujuan yang sangat strategis, dan bahkan tidak bisa diganti dengan kebutuhan lainnya

1. Tujuan dan makna dana pensiun untuk pemberi kerja

Tidak Cuma olah karyawan, ternyata pemberian dana pensiun ini sangat penting untuk para pemberi kerja (penyedia lapangan kerja), hal tersebut karena dana pensiun merupakan.

  • Kewajiban Moral. Bagaimanapun juga, sebuah perusahaan memiliki kewajiban moral kepada karyawannya untuk memberikan rasa aman,sekaligus jaminan ketenangan atas masa depan semua karyawannya ketika mereka mencapai usia pensiun. Untuk memenuhi kewajiban moral ini, Anda, sebagai pemberi kerja, bisa melakukannya dengan mengikuti atau membentuk sendiri dana pensiun khusus perusahaan untuk para karyawan yang bekerja di perusahaan Anda.
  • Dengan memberikan jaminan rasa aman dan ketenangan kepada para karyawannya, maka sudah pasti loyalitas dan dedikasi karyawan kepada perusahaan akan meningkat. Cara ini juga sangat efektif untuk mengurangi angka pengunduran diri kepada karyawan. Terutama untuk karyawan potensial yang sangat dibutuhkan dan berpotensi membawa perusahaan ke arah yang lebih baik.
  • Kompetisi pasar tenaga kerja. Memasukkan program pensiun sebagai bagian dari kompensasi perusahaan juga dipercaya akan mampu memberikan minat dan nilai lebih untuk calon karyawan yang ingin bekerja di perusahaan Anda.

Dengan begitu, maka daya saing bagi perusahaan dalam upaya untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas dan profesional di pasar tenaga kerja akan lebih meningkat, bahkan lebih jauh lagi Anda bisa-bisa harus menyeleksi semua karyawan terbaik yang datang melamar.

2. Tujuan dan makna dana pensiun untuk karyawan

Sebagai salah satu pihak yang memang membutuhkan dana pensiun, tentu Anda akan senang kalau perusahaan memberikan dana pensiun kepada Anda. Dengan ini juga Anda pasti akan bersungguh-sungguh untuk memaksimalkan potensi Anda, karena beberapa alasan ini.

  • Rasa aman. Sebagai karyawan, sudah dipastikan Anda akan mengharapkan rasa aman dengan berharap untuk mendapatkan jaminan penghasilan setelah memasuki masa pensiun nanti. Tentu saja ini juga akan mampu untuk mempengaruhi kinerja Anda ketika Anda masih dalam usia produktif, dimana Anda akan bekerja sungguh-sungguh dengan harapan dana pensiun itu bisa Anda nikmati kelak.
  • Kompensasi yang lebih baik. Selain gaji dan tunjangan hari raya dan tunjangan lainnya, sebagai karyawan Anda akan memiliki tambahan kompensasi dari perusahaan tempat Anda bekerja, walaupun kompensasi ini baru bisa Anda dinikmati pada saat Anda memasuki usia pensiun nanti.

Di kutip dari berbagai sumber.