Tlp SekarangWA Sekarang
Cara Mudah Menabung Menggunakan Mesin Setor Tunai

Mesin ATM via cermati.com

Adanya mesin setor tunai segalanya akan terasa mudah. Bayangin saja, bisa dibilang semua bank entah BCA, BRI, BNI maupun bank lainnya memberikan fasilitas ATM, sms dan mobile banking, dan internet banking. Artinya dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas tersebut, saldo kita bisa untuk beli isi ulang pulsa, bayar PLN, transfer dan lain sebagainya kapanpun kita mau, bebas 24 jam.

1. Mesin Setor tunai atau CDM Tunai

Mesin setor tunai atau CDM ( cash deposit machine ) adalah sebuah mesin yang bentuknya mirip ATM. Fungsinya bukan untuk tarik tunai melainkan untuk setor tunai. Jadi dengan mesin ini kalau anda ingin menabung di bank anda tidak usah masuk ke kantor cabang dan berhadapan dengan teller petugas bank. Cukup cari saja mesin tersebut yang biasanya di sediakan di luar kantor cabang bank samping ATM.

2. Keuntungan Mesin Setor Tunai

Keuntungan utama dari mesin ini adalah untuk setor tunai. Namun mesin ini juga memiliki kelebihan-kelebihan lain diantaranya yaitu : Untuk transfer, bayar PLN, PAM, dan tagihan lainnya juga bisa.

  • Menabung Tidak Harus Antri

Menabung melalui mesin setor tunai sangatlah mudah, karena tidak mesti nunggu antrian yang terlalu lama, hampir semua nasabah pasti pernah mengeluhkan masalah ini.

  • Layanan 24 Jam Setiap Hari

Karena ditempatkan di luar kantor, otomatis nasabah bisa menggunakannya kapanpun meskipun kantor bank sudah tutup. Dan memang betul, mesin ini bisa untuk setor tunai baik siang maupun malam, baik hari kerja maupun hari libur. Tentunya ini membantu sekali khususnya untuk para pekerja yang sibuk.

  • Melakukan Transfer Ke Sesama dan Antar Bank

Selain keuntungan menabung dan layanan 24 jam, mesin setor tunai juga bisa melakukan transfer ke sesama dan antar bank, apabila anda  transfer menggunakan mesin ini, otomatis anda seperti transfer uang tunai, bukan saldo. Keren kan?

  • Melakukan Pembayaran Transaksi secara online

Mesin ini juga memiliki kelebihan lain mirip ATM yang bisa anda manfaatkan untuk pembayaran-pembayaran transaksi berupa tagihan PLN, gas, asuransi, dan sebagainya.

3. Cara Menyetor Uang Tunai Menggunakan Mesin setor tunai

Bisa dibilang cara menggunakannya sangat mudah semudah mengoperasikan ATM. Namun tentu ada perbedaannya. Lebih lengkapnya ada di bawah ini

  1. Cari mesin setor tunai biasanya letaknya tidak jauh dari cabang bank tersebut.
  2. Setelah ketemu, masukan kartu ATM anda ke lubangnya (mirip seperti menggunakan ATM tarik tunai).
  3. PIN Masukan (Nomor Indentifikasi Pribadi).
  4. Wadah tempat memasukan uang yang terletak tepat di bawah tangan anda berdiri, akan terbuka secara otomatis.
  5. Masukan uangnya. Harap diingat, sebelum anda memasukannya, uang harus dalam keadaan rapi, jangan terlipat, ataupun ada staples yang masih menempel. Ini berguna biar mesin dengan mudah mengenali uangnya.
  6. Jika uang yang hendak anda setor terdiri dari bermacam-macam nominal, sebaiknya pisahkan dulu berdasarkan nominalnya. Mesin ini hanya menerima uang pecahan Rp20 ribu, Rp50 ribu, dan Rp100 ribu.
  7. Bila uang yang anda setor banyak, bagilah dan setorkan beberapa kali karena satu kali proses, wadah penerima uang hanya dibatasi maksimal muat 50 lembar saja.
  8. Sesaat setelah uang dimasukan, maka wadah akan tertutup kembali secara otomatis. Tunggulah sebentar karena mesin sedang melakukan proses penghitungan jumlah uang.
  9. Jika mesin selesai menghitung, maka layar monitor akan menampilkan jumlah dan pilihan apakah akan di transfer ke rekening sendiri atau transfer ke nomor rekening lain.
  10. Pilih salah satu pilihan berdasarkan tujuan anda. Mesin pun segera memprosesnya dan bila berhasil akan keluar struk sebagai bukti transaksi.

Di kutip dari berbagai sumber