Tlp SekarangWA Sekarang

Banyak sekali orang yang merasa kesusahan pada saat tanggal tua menimpa mereka, apalagi bagi mereka yang mahasiswa tentu saja akan membuat mereka gelisah dan tak tau ingin makan dengan memakai cara apa, ya walaupun sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi tanggal tua.

Menghemat pengeluaran via Kaskus

Dari hal itulah yang membuat saya menjadi lebih dewasa untuk dapat hidup lebih hemat dan belajar untuk mengendalikan keadaan yang ada pada saat tanggal tua. Sehingga saya telah berhasil mengatasi tanggal tuaku yang pada saat itu saya rasa sulit untuk mengatasi tanggal tua tersebut.

Simak cara menghemat uang bulanan mahasiswa, yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan uang kirimanmu sepanjang bulan:

Prioritaskan yang paling penting

Sebagian besar orang akan selalu beranggapan bahwa semua hal adalah penting, termasuk berbagai barang dan kebutuhan. Ini adalah sebuah kesalahan, sebab akan selalu ada yang penting dan bahkan yang paling penting yang memang harus dipenuhi dalam kebutuhan. Jadi, biasakan untuk mengetahuinya dengan baik dan memenuhi hanya kebutuhan yang paling penting saja. Artinya kamu harus membagi uang saku mahasiswa utuk setiap pos pengeluaran setiap bulannya

Hindari “lapar mata”

Cara menghemat uang bulanan mahasiswa yang kedua adalah menghindari lapar mata. Biasanya hanya jalan-jalan, kemudian ngopi-ngopi, dan akhirnya mulai tertarik untuk segera belanja. Bukan apa-apa, di saat memegang sejumlah uang yang banyak, kamu akan cenderung membeli berbagai hal yang tidak begitu penting dan kamu butuhkan. Lalu, ujung-ujungnya sejarah akan berulang, kamu kehabisan uang di akhir bulan.

Cuci baju sendiri

Biasakan cuci baju dan setrika sendiri, lebih bersih dan aman karena baju-baju kamu tidak akan dicuci bersamaan dengan baju orang lain. Kamu juga bisa mencuci kapan saja, tidak harus menunggu berhari-hari karena laundry bisa penuh dan baju-baju kamu harus antri di sana. Selain itu, baju kamu juga akan aman dan tidak akan tertukar dengan baju orang lain, atau bahkan hilang ketika di laundry.

Kerja “part time”

Ini pas banget buat kamu yang memang memiliki banyak waktu dan juga energi lebih selain untuk kuliah saja. Kamu bisa mencari sebuah pekerjaan paruh waktu yang tepat dan sesuai, lalu menerima sejumlah uang dari sana. Lumayan kan, kamu bisa menambah uang sakumu, atau bahkan bisa menabung juga.

Menabung

Tentu saja cara menghemat uang bulanan mahasiswa adalah menabung. Kamu bisa menyisihkan sebagian uang saku kamu dan menyimpannya sebagai dana darurat di dalam rekening tabungan kamu. Jadi kamu tidak akan mengalami masa-masa yang sulit lagi setiap kali akhir bulan tiba. Selalu utamakan menabung ketika uang kiriman bulanan kamu datang yah.

Coba masak sendiri

Ini akan menyenangkan untuk dicoba, terutama jika kamu memang kos di tempat yang memiliki peralatan masak dan kamu juga memiliki hobi memasak, dijamin kamu bisa hemat sepanjang bulan. Jangan malu untuk masak sendiri, justru kamu akan lebih sehat karena mengkonsumsi makanan yang terjamin gizi dan juga kebersihannya, jadi manfaatnya dobel.