Tlp SekarangWA Sekarang
Cara Mengatasi Hidup Hemat Dan Menabung

Menabung via gulalives.co

Banyak orang yang menginginkan hidup hemat dengan menekan pengeluaran bulanan, namun godaan selalu datang menghampiri sehingga tidak jarang keluar biaya untuk sesuatu yang tidak penting.

Tahu kah anda bagaimana cara mengatasi hidup hemat dan dapat menabung tanpa melupakan perhatian kepada kebutuhan hidup yang lainnya?

1. Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Ambil kertas dan pensil, lalu catat semua pengeluaran dalam sebulan,lalu sisakan uang untuk menabung, Coba analisa mendalam semua pengeluaran dan cari tahu apakah ada sektor yang bisa ditekan atau dihapus karena tidak penting. Menekan pengeluaran bulanan merupakan cara paling efektif menghemat uang.

2. Belajar Disiplin Dalam Mengatur Uang

Belajar di siplin dalam mengatur keuangan memang tidak mudah, sementara kebutuhan setiap hari terus bertamabah,  namun anda perlu pemahaman dasar soal istilah finansial,
ada baiknya mengetahui apa itu ROI, IRA, cash flow dan sebagainya. Dengan demikian, kesadaran untuk hidup hemat lebih tinggi.

3. Hindari Utang yang Tidak Perlu

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menghindari utang adalah untuk mengurangi tingkat di mana Anda meminjam.
Semakin tinggi anda meminjam, semakin tinggi kesulitan membayar kembali. Jadi pastikan menjaga batas kredit Anda untuk menghindari masuk ke utang.

4. Lawan Kebiasaan Boros Anda

Untuk mengubah kebiasaan ini, yang pertama harus anda lakukan adalah mengubah prioritas keuangan. Utamakan penghasilan untuk menabung. Prinsipnya, menabung dulu, lalu sisanya untuk pengeluaran bulanan.

5. Menambah Sumber Penghasilan

Untuk menambahkan penghasilan bisa dilakukan pada saat pulang kerja yaitu dengan cara berbisnis online saat ini adalah hal yang di minati banyak orang dan terlihat menghasilkan banyak uang.

6. Tabung Penghematan dari Diskon dan Cashback

Cara ampuh lainnya adalah dengan menggunakan kartu kredit untuk memanfaatkan program diskon atau cash back. Kalau Anda berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari, Anda akan sering menjumpai toko atau supermarket yang bekerja sama dengan bank penyedia kartu kredit tertentu untuk program diskon atau cash back.

Jumlah diskon atau cash back ini membantu dalam menambah meningkatkan penghematan yang bisa Anda lakukan setiap bulan. Segera masukkan jumlah tersebut ke dalam rekening tabungan Anda untuk menambah nilai tabungan anda supaya Anda tidak tergoda untuk menggunakannya di pengeluaran yang lain. Pastikan Anda menerapkan prinsip hidup hemat untuk menjamin tabungan Anda dapat bertambah dengan lebih cepat.

Dikutip dari berbagai sumber.