Tlp SekarangWA Sekarang
Cara Efektif Menabung Untuk kamu yang Bergaji 2 Jutaan

Efektif Menabung Via blog.e-mas.com

Menabung tentu bukan sebuah hal yang baru, mengingat kegiatan ini bahkan sering dikenalkan sejak seseorang masih kecil (usia sekolah). Namun, bagaimana dengan realisasinya, berapa banyak orang yang bisa melakukan kegiatan tersebut dengan baik di dalam hidup mereka?

Meski terlihat mudah dan tidak merepotkan, namun pada kenyataannya kegiatan menabung merupakan kegiatan yang sulit untuk dijalankan oleh sebagian besar orang. Bukan hanya oleh mereka yang masih belum dewasa saja atau masih berusia sekolah, bahkan oleh mereka yang telah bekerja dan memiliki penghasilan sekalipun.

kegiatan ini terasa sulit untuk dijadikan sebagai kebiasaan. Ada saja alasan untuk menunda kegiatan menabung tersebut, meskipun telah memiliki sejumlah penghasilan. Namun, semakin kita dewasa, menabung tidak sesederhan itu, apalagi dengan nominal gaji yang pas-pasan.

Walaupun begitu, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar tetap bisa menabung dengan pemasukan yang tergolong pas-pasan.

Langsung saja simak tips dan penjelasannya berikut ini :

  1. Punya 2 rekening tabungan

Dengan mempunyai 2 rekening. Hal ini akan membantumu Jika kamu sangat sulit untuk mengendalikan hasrat membelanjakan uang, kamu bisa menyiasatinya dengan memiliki lebih dari 1 rekening tabungan dengan bank berbeda.
Pilih rekening yang tanpa potongan untuk menyimpan gaji yang akan ditabung dan jangan membuat kartu ATM, Agar menahan godaan untuk mengambil uang tiap saat. Sedangkan, rekening satunya khusus untuk uang bulanan yang ingin kamu belanjakan.
  1. Tetapkan target pribadi 

Dalam sebulan kamu tidak boleh menghabiskan lebih dari 30%-50%  gaji kamu. Selain memiliki 2 rekening tabungan untuk mempermudah mengatur pengeluaran, kamu juga harus menetapkan nominal uang yang kamu simpan dan uang yang akan kamu keluarkan untuk memenuhi kebutuhan dalam sebulan.
  1. Gunakan asuransi kesehatan

Dengan biaya nominal menengah, tidak hanya penting untuk kesehatan tapi kamu juga dipaksa untuk menyisihkan pendapatan. Jika menyisihkan uang terasa sulit bagimu, kamu bisa mulai mengambil asuransi kesehatan.
Tidak hanya penting karena mengcover biaya perawatan sewaktu kamu sakit, kamu juga bisa menjadikannya ajang untuk menabung. Kamu bisa mengambil nominal menengah dengan biaya yang tidak terlalu menguras pendapatan.
  1. IkutI program arisan

Selain asuransi kesehatan, ikut arisan bersama keluarga atau teman bisa kamu jadikan ajang untuk menabung. Tentunya kamu juga harus teliti terlebih dahulu sebelum memilih jenis arisan. Pastikan bahwa besaran biaya iuran masih terjangkau sesuai kemampuanmu.
  1. investasi emas

Emas bisa kamu jadikan pilihan tepat berinvestasi. Selain harga emas yang relatif stabil, pembayaran dengan cara mengangsur merupakan kemudahan yang bisa kamu peroleh dengan gaji yang pas-pasan. Emas yang kamu beli bisa diangsur dalam jangka waktu tertentu sesuai keinginan, tanpa bunga dengan uang muka sekitar 25-45%.
  1. Batasi pemakaian ATM

hindari memakai ATM bahkan kartu kredit. Tidak hanya mengurangi pemakaian kartu ATM, kamu juga bisa menolak memiliki kartu kredit. Jika ditelaah lebih jauh, kartu kredit lebih banyak memiliki kerugian daripada keuntungan.
  1. Buat skala prioritas

Membuat skala prioritas sangat penting untuk mengendalikan pengeluaran bulanan. Diawal bulan, kamu bisa membuat skala prioritas selama satu bulan ke depan. Sehingga kamu bisa lebih terarah dan jelas dalam mengalokasikan uang pendapatanmu.
Kemudian, biasakanlah menyimpan struk atau nota supaya kamu bisa membuat catatan pembukuan kecil pengeluaran harianmu. Memang terasa ribet pada awalnya, namun hal ini lama kelamaan akan membuatmu lebih mudah untuk mengendalikan keinginan untuk berbelanja dan disiplin dalam keuangan.
Dari Berbagai Sumber