Tlp SekarangSMS/Simulasi

Cara Cerdas Mengatur Keuangan Anda

Bagi yang sudah berkeluarga problem keuangan sering menjadi permasalahan utama didalam kehidupan sehari-hari. Banyak dari kita sering mengalami masalah dalam menata keuangan sendiri apalagi yang berhubungan dengan urusan rumah tangga. Bagaimana tidak, saat mengatur keuangan pribadi saja terkadang tidak sesuai sampai-sampai boleh jadi habis di pertengahan bulan sementara kita belum mengalokasikan perencanaan lain, yang seharusnya lebih penting daripada kebutuhan yang ada.

Karena kebutuhan hidup yang dari waktu kewaktu semakin meningkat, diiringi pula gaya hidup konsumtif sebaiknya agar keuangan kita tidak berantakan manejemen keuangan harus benar-benar diperhatikan. Dengan memprioritaskan hal atau kebutuhan utama terlebih dahulu daripada kebutuhan lain yang bersifat sementara dalam jangka pendek.

Untuk yang masih hidup sendiri atau bujangan mungkin belum banyak menghadapi problem keuangan yang complicated. Walaupun demikian menyusun keuangan dengan bijak dan cerdas merupakan keharusan yang perlu kita lakukan agar setelah melewati masa muda dan berumah tangga kita menjadi lebih terbiasa dan disiplin.

Dewasa ini banyak permasalahan keluarga berawal dari masalah keuangan. Bisa jadi karena kita tidak pandai mengatur keuangan dan jujur dengan pasangan sering menjadi penyebab rumah tangga kita tidak lagi harmonis.

Nah, apabila selama ini Anda belum terbiasa dan merasa kesulitan menerapkan manajemen keuangan, sebaiknya simak beberapa poin penting yang perlu diperhatikan. Berikut tips dan cara cerdas mengatur keuangan Anda:

1. Pahami  Kebutuhan Anda

Kita harus mengetahui berapa uang yang dimiliki, uang bayar listrik, uang kebutuhan makan untuk setiap bulan, uang untuk transportasi, uang untuk bayar cicilan-cicilan dan juga lainnya.

2. Disiplin Menabung

Sebaiknya 30% uang yang kita peroleh dari hasil bekerja kita simpan ke dalam tabungan. Jangan lagi kita berpikir menabung dari kelebihan uang atau uang sisa kebutuhan kita. Hal seperti ini tidak akan pernah berhasil.

Kita wajib sisihkan uangnya untuk menabung terlebih dahulu, kemudian uang yang menjadi sisanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Dan baiknya uang yang disimpan dibuat rekening terpisah agar tidak mengganggu anggaran keuangan, dan uang yang Anda simpan bisa berguna untuk memenuhi keperluan masa depan atau hal yang bersifat mendadak lainnya.

3. Buat Anggaran

Penganggaran sangat berpengaruh dalam mengatur keuangan kita. Rencanakan semua pengeluaran secara rasional, tidak perlu terlalu sempurna hingga kebutuhan perawatan tubuh, perawatan kendaraan, liburan, dan lainnya tidak perlu dihapus. Terpenting untuk diingat dan diutamakan adalah rencanakan keuangan untuk hal yang merupakan kebutuhan primer bukan cuma sekedar keinginan.

4. Disiplin Catat Pengeluaran

Membuat catatan setiap pengeluaran dapat membantu meringankan ingatan kita tentang pokok-pokok pengeluaran. Hal seperti ini dapat meningkatkan disiplin pengeluaran besoknya, karena jika pengeluaran hari ini kelihatan melebihi anggaran, maka pengeluaran besoknya perlu disesuaikan lagi agar sesuai anggaran yang sudah dibuat.

5. Jauhi Hutang

Jika perlu sebisa mungkin kita jauhi kebiasaan hidup ketergantungan hutang. Jalani hidup sederhana sesuai kemampuan, hindari gaya hidup yang berlebihan tanpa manfaat dan tujuan. Koleksi kartu kredit, membeli keinginan dengan cara menyicil dan cara berhutang lainnya harus segera diakhiri.

6. Lakukan Investasi

Bentuk usaha mengatur keuangan dengan cerdas, salah satunya dengan berinvestasi. Atur masa depan Anda dan keluarga agar mempunyai prospek yang lebih baik dengan investasi yang tepat. Belakangan ini banyak sekali jenis-jenis investasi yang bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan dan kebutuhan Anda.

Pastikan Anda bijaksana dan matang saat berinvestasi, jangan terpengaruh dengan penawaran atau spekulasi sesaat. Sebelum menyesal, sebaiknya konsultasikan keinginan Anda untuk berinvestasi dengan keluarga, orang yang sudah menjalani, atau profesional di bidang tersebut agar investasi Anda berkembang dan sukses.

Bagaimana dengan Anda, apa masih sulit menerapkannya? mungkin sedikit memerlukan proses. Tapi tetap harus Anda awali segera mungkin dari sekarang.

784 total views, 1 views today