Tlp SekarangWA Sekarang

 

Bagaimana cara transfer uang lewat Atm antar bank dan ke bank lain

Bagaimana cara transfer uang lewat Atm antar bank dan ke bank lain via mandirikartukredit.com

Bagaimana Cara mentransfer uang melalui ATM Seperti Anda tahu Bank telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, terutama bagi orang-orang yang cerdas, tetapi tidak menutup mereka untuk menggunakan bank untuk menyimpan uangnya agar lebih aman.Perlu dan ketahu Bank selain sebagai tempat mencari uang atau menabung yang aman. Bank juga melayani dan menyediakan layanan trasaksi seperti transfer dan menerima transfer uang di manapun.

Semakin berkembangnya ilmu teknologi pengiriman uang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Tidak seperti dulu saat menggunakan Jasa poswesel  sebagai sarana mengirim atau transfer uang yang membutuhkan waktu lebih lama. Dengan adanya Bank  segala kegiatan yang berkaitan transfer mentransfer menjadi lebih mudah dan cepat.

Bisa dilakukan kapan dan dimana saja dan langsung sampai ke rekening tujuan. Saat ini anda bisa melakukan transfer uang lewat bank dengan berbagai cara seperti menggunakan ATM, SMS Banking, Internet Banking, dan Mobile Banking.

Dapat  langsung transfer melalui mesin ATM atau bisa juga menggunakan Handphone tanpa harus antri di kantor Bank tempat anda membuka rekening. tidak jadi masalah. Bisa dilakukan pada mesin ATM yang tidak harus sama dengan bank tempat anda menabung atau dikenal dengan Istilah ATM Bersama.

Contohnya: Kartu ATM BRI bisa Melakukan transfer di mesin ATM BCA. Transfer sesama Bank atau antar Bank itu mungkin sudah banyak yang tahu Misalnya transfer uang lewat atm BNI ke BNI.

Tetapi untuk transfer Uang lewat ATM ke bank lain mungkin saja masih ada yang bingung seperti Transfer dari Mandiri ke BCA, BRI ke BCA. Tapi  jangan cemas disini akan diberikan kedua-duanya panduan cara Transfer sesama Bank dan ke bank Lain. agar bagi yang belum faham bisa terbantu dengan adanya tutorial ini.

CARA TRANSFER UANG LEWAT ATM KE BANK LAIN

Mulai 15 Juli 2013, Melalui layanan interkoneksi (interconnect)  pada jaringan ATM ALTO, ATM Bersama, dan ATM PRIMA, maka para konsumen dapat melakukan transfer dana antar Bank yang tergabung di semua jaringan tersebut, secara online waktu nyata. Karena saat ini sudah ada layanan interconnect transfer dana antar jaringan ATM secara online waktu nyata.

situasi ini dikarenakan Bank tujuan transfer Anda tak harus tergabung dalam satu jaringan ATM tertentu saja. setiap bank seumpamanya ,bank BNI, BCA, BRI, Mandiri, Danamon Panin dan lain-lain.

Bank tersebut terdaftar dalam 3 jaringan ATM ALTO, ATM Bersama, dan ATM PRIMA  tak termasuk jaringan ATM Link. Intinya sebelum melakukan transfer anda harus memperhatikan logo yang ada pada kartu ATM Anda sama dengan yang ada di mesin ATM yang akan Anda gunakan.

LANGKAH-LANGKAH MELAKUKAN TRANSFER UANG LEWAT ATM KE BANK LAIN

Keadaan  penting yang harus anda perhatikan sebelum melakukan transfer terlebih dahulu pastikan saldo dalam kartu ATM anda masih ada dan mencukupi tentunya.

Jangan lupa juga mencatat nomor rekening tujuan transfer anda bawa, dan pastikan nama pemilik yang tertulis di rekening tersebut sudah benar dan nama Bank tujuan.

BILA SEMUA SUDAH ANDA PERSIAPKAN SEKARANG TINGGAL IKUTI LANGKAH-LANGKAH UNTUK MENTRANSFER UANG LEWAT ATM YANG BERBEDA BANK (BANK LAIN) :

  • cara pertama mencari mesin ATM. Cari Mesin ATM yang ada salah satu logo di kartu ATM Anda bila ditempat Anda tidak dan ATM tempat Anda menabung.
  • setelah itu Anda bisa masuk ke ATM yang Anda tuju dan pesan kartu ATM ke mesin ATM. Cara mencetaknya jangan sampai salah, menemukan yang biasa tersedia di Kartu ATM dan jangan sampai terbalik
  • Setelah Masukan PIN ATM yang Anda miliki, hati-hati jangan sampai salah. bila melakukan 3 x salah dalam memasukan PIN ATM anda bisa terblokir.
  • Ingin melakukan transfer ke Bank Lain pada menu Mesin ATM. Pilih di pojok kanan bawah.
  • lalu tekan tombol ‘transfer’
  • menunjuk tombol ‘transfer ke Atm Bersama / bank lain’
  • Masukkan kode bank tujuan (terdiri dari 3 digit angka) jika belum tahu kode bank. Bisa Anda lihat di Daftar SWIFT KODE Bank Indonesia Paling Lengkap dan diikuti dengan memasukan No Rekening Penerima (rekening tujuan).
  • Contoh Anda ingin mentransfer dari ATM BCA ke Bank BRI, msukan kode Bank BRI 002 kemudian diikuti Nomor Rekening, jadi 0025689282827.
  • setelah tekan tombol ‘Benar’.
  • Masukkan jumlah dana / tarik tunai yang akan di transfer, pilihlah jumlah dana yang akan ditransfer.
  • menunjuk tombol ‘Lanjutkan/Benar’.
  • Masukkan no referensi (ini bisa di kosongkan jika Anda tidak bisa suruh pakai referensi).
  • menunjuk tombol ‘Benar’.
  • Selanjutnya di layar ATM akan menghasilkan data transaksi yang akan diproses. Apakah semua data sudah benar yang dilayar mesin ATM sudah benar-benar Anda tekan tombol benar.
  • Kemudian semua selesai  Mesin ATM akan mengeluarkan struk ATM sebagai bukti transaksi.
  • Simpan struk ATM untuk jaga-jaga orang yang tahu saat diperlukan. Untuk biaya Transfer atau biaya administrasi satu kali transaksi antar bank dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan Bank Diketahui.

CARA TRANSFER UANG LEWAT ATM KE SESAMA BANK

Buatlah melakukan transaksi sesama Bank dengan cara yang sama. Hanya bedanya pada saat Anda melakukan transfer ke bank lain yang memasukan kode Bank sebelum memasukan Nomor rekening.

Sedangkan untuk transfer sesama bank Anda tidak perlu memasukan Kode Bank, tetapi langsung saja memasukan Nomor rekening Tujuan Transfer.