Tlp SekarangWA Sekarang
8 Tips Hemat Mengelola Upah Bulanan

Mengelola Uang via gamaurugi.com

Kesulitan mengatur gaji bulanan, tidak hanya dialami beberapa orang saja. Banyak masyarakat modern saat ini, mungkin membahas masalah-masalah yang terjadi. Apalagi, kadang-kadang uang tidak tersisa sebelum akhir bulan. Hal ini bisa jadi karena tidak dapat mengatur pembayaran dengan baik.

Kesulitan-kesulitan tersebut dapat segera diatasi dengan mempelajari tips-tips dibawah ini dari bagaimana dapat mengelola upah bulanan yaitu dengan membuat anggaran, segera mebayar tagihan, menyisihkan uang tabungan, membuat laporan keuangan harian, memliki dua rekening, bijak dalam menggunakan kartu kredit, investasi dan lakukan perbandingan.

Untuk lebih jelasnya berikut tips bagaimana mengelola upah bulanan dengan pandai :

  1. Buat Anggaran Bulanan

Rencanakan perkiraan anggaran, mulai dengan membuat daftar pengeluaran untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Untuk kebutuhan primer seperti makan, biaya transportasi ke tempat kerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan lain sebagainya. Untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran untuk belanja , perjalanan , hingga anggaran hangout dengan teman-teman atau rekan kerja.
  1. Segera Bayar Tagihan

Saat mendapatkan upah bulanan, hal yang pertama dilakukan adalah pembayaran tagihan di awal, dari mulai tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting, agar tidak menyerukan biaya kebutuhan sehari-hari. Dengan kata lain, tentu saja akan memanggil lebih banyak untuk mengatur pengiriman bulanan.
  1. Sisihkan Untuk Tabungan

Jika selama ini sudah terbiasa menyisihkan upah yang dapat digunakan setiap bulan, untuk tabungan, saat ini coba menyisihkannya untuk membaca buku untuk sehari-hari. Hal ini dapat memberikan manfaat yaitu dapat mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting.
  1. Buat Laporan Keuangan Harian

Simpanlah struk belanja yang di hasilkan sekali kali. Mencatat semua membelikan pada setiap hari. Tips ini dapat membantu mengetahui kemana saja uang yang selama ini, dan juga dapat menganalisa barang-barang apa saja yang tidak dapat dibeli di bulan yang akan datang.
  1. Miliki Dua Atau Lebih Rekening Bank

Membuat dua rekening bank yang berbeda. Gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari seperti, menerima upah bulanan, bayar tagihan, dan belanja. Dan untuk akun lain dapat digunakan khusus untuk menabung. Membuat jumlah minimal berapa persen yang harus ditabung dari upah bulanan yang diterima.
  1. Bijaklah Menggunakan kartu Kredit

Kartu kredit juga dapat membantu dalam mengelola keuangan, jika dapat menggunakan dengan cerdas, menggunakan promo yang diberikan untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan, yang dapat digunakan untuk tagihan-tagihan. Jangan lupa untuk segera melunasi tagihan kartu kredit setelah menerima kartu kredit.
  1. Investasi

Setelah menyisihkan untuk tabungan dan gaji pada kebutuhan sehari-hari, akan tetapi masih ada kelebihan dana dari upah tersebut. Ada untuk menyediakan dana untuk asuransi, reksa dana, dan pembelian emas dengan perhiasan tinggi. Hal ini berbeda dengan menabung, jika menabung dapat mengambilnya setiap saat. Diinvestasi, uang yang disimpan dalam bentuk lain dan tidak bisa kapanpun ada keinginan. Tips ini tidak hanya membuat uang diam di tempat, namun juga dapat mempengaruhi di masa yang akan datang.
  1. Lakukan Perbandingan

Lakukan hal yang terakhir ini dilakukan, untuk mengetahui apakah sesuai dengan anggaran yang telah dibuat. Jika yang terjadi seperti itu, lakukanlah tinjauan terhadap uang tersebut. Bandingkan dengan catatan pengeluaran harian, untuk dapat mengetahui kebutuhan apa saja yang dikeluarkan dengan jumlah dana yang besar.

 

 

Dari berbagai sumber