Tlp SekarangWA Sekarang
5 Tips Agar Tidak Sengsara di Akhir Bulan.

Uang Upah via life.idntimes.com

 

  1. Membuat daftar belanja dan batasi pengeluaran yang tidak penting.

Topik ini cocok untuk seseorang yang gemar membeli barang-barang yang tidak terlalu penting. Oleh sebab itu, Caranya dapat membuat daftar belanjaan yang sesuai dengan kebutuhan dan hindari untuk tidak belanja barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan pada saat ini. Jika tidak bisa membuat daftar belanja,akan tidak dapat mengontrol pengeluarannya sehingga menyebabkan uang yang di dapat akan habis sebelum tanggal yang sudah ditetapkan.

  1. Sisihkan sebagian uang di awal bulan.

Sisihkan uangmu di awal bulan itu penting, agar dapat mengatur keuangan untuk biaya yang tidak terduga suatu saat nanti. Selain itu uang yang disisihkan bisa juga menjauhkan dari hutang. Sebagai pemula, bisa menyisihkan 5% dari uang bulanan. Ketika berhasil, perlahan sisihkan 10%-25% setiap bulannya.

  1. Jauhkan dari hutang dalam bentuk apapun.

Sebaiknya, harus bisa menghindari hutang, baik dalam bentuk kredit atau pinjam keteman-teman. Karena dengan semakin banyaknya nominal yang dipinjam, maka dari itu akan membuatnya sengsara di bulan berikutnya karena banyaknya uang  yang harus dibayar ke teman-teman. Jika sebenarnya mendesak harus kredit, sesuaikan cicilan dengan pendapatan yang diterima. Hindari untuk memilih pembayaran bulanan yang terlalu besar. Jika pendapatan yang diterima tidak sesuai dengan cicilan yang harus dibayar dan uang sudah habis sebelum pada waktu yang sudah ditentukan akan menyebabkan masalah pada keuangannya.

  1. Bersedia menghemat uang makan.

Terbiasa dan sering makan enak di kafe dan restoran mahal tidak bagus untuk masalah keuangan. Hindari gaya hidup yang terlalu menyiksa isi dompet. Di awal bulan, memang bisa membeli makanan semaunya, tetapi pada akhir bulan akan makan dengan nasi dan garam yang menjadi hidangan favorit  maka dari itu harus dapat menghemat uang makan atau cara lain jika pada akhir bulan tidak mempunyai uang bisa dengan berpuasa. Karena dengan berpuasa, dapat  memperbaiki masalah keuangan, bermanfaat untuk kesehatan dan dapat meningkatkan iman taqwa kepada Allah swt sehingga dapat menambah pahala bagi seseorang yang menjalankannya. Selain tidak berpuasa, dapat  memasak di rumah/kost, karena memasak sendiri akan lebih hemat daripada membeli makanan di luar seperti kafe atau restoran mahal.

  1. Menyisihkan uang untuk investasi

Ketika masalah keuangan sudah membaik, tidak ada salahnya untuk memulai investasi.  Investasi yang dapat dilakukan bisa dalam bentuk apapun, seperti bisnis kecil-kecilan. Meskipun pemasukan yang didapat terbilang sedikit, tetapi setidaknya lebih baik daripada tidak dapat apa-apa. Hal lain yang har diketahui, hati-hati jika mulai menginvestasikan uang ke pada orang lain, Justru uang bisa dibawa lari oleh seseorang, jangan percaya 100% dengan orang lain karena masalah uang sangat sensitif.

 

 

Dari berbagai sumber…