Tlp SekarangWA Sekarang
Tips Modifikasi Lampu Motor Agar Lebih Terang

Modifikasi Lampu Via ridergalau.com

Tips Modifikasi Lampu Motor Agar Lebih Terang

Lampu motor menjadi komponen yang sangat penting pada motor dan tidak bisa diabaikan begitu saja. jika lampu motor kurang terang maka kenyamanan anda dalam berkendara tentu akan terganggu. Terutama jika berkendara dimalam hari , lampu motor sangat diperlukan untuk melihat kondisi jalan yang sedang anda dilewati.

Sebenarnya lampu motor pada bagian depat didesain sedemikian rupa oleh pabrik yang membuatnya agar sempurna ketika berada dijalan. Namun tidak sedikit orang yang merasa lampu depan motor yang dimilikinya kurang terang dan ingin memodifikasinya agar terlihat lebih terang.

Namun, sebelum memodifikasi anda harus mengetahui dengan pasti mengenai cara yang tepat memodifikasi lampu kendaraan anda. Jika anda tidak mengetahuinya dengan benar dan cederung asal-asalan tentu akan menimbulkan kerusakan pada komponen yang berhubungan.

Langsung saja anda simak berikut Tips modifikasi lampu agar terlihat lebih terang :

  1. Memanfaatkan Relay

Menggunakan relay untuk menerangkan lampu motor pada dasarnya berfungsi untuk membuat hambatan di rangkain lampu kepala menjadi berkurang.Untuk mengetahui langkah pemasangannya maka terlebih dahulu kita akan mebahas mengenai cara kerja yang dimiliki oleh relay.
Biasanya relay terdiri dari 4 buah terminal yakni diantaranya yaitu 85,86,30 dan 87. Pada bagian relay terbagi menjadi dua bagian yakni bagian contact poin dan elektro magner. Keempat terminal tersebut akan dibagi menjadi dua dan dipasangkan pada kedua bagian. Dimana bagian elektro magnet akan terpasang dengan terminal 85, 86.
Sedangkan bagian contact poin akan terhubungn dengan terminal 30 dan 87. Cara kerjanya adalah ketika ada arus yang mengalir ke terminal 85 dan 86 secara otomatis akan muncul semua kemagnetan pada elektro magnet.
Kemudian magnet tersebut akan menarik contact poin yang terhubung dengan terminal 87 sehingga dapat menghubungkannya dengan terminal 30. Dengan demikian dapat disimpulkan relay merupakan saklar elektromagnetik.
Setelah mengatahui cara kerjanya maka simak berikut ini cara memanfaatkan relay dalam modifikasi lampu motor agar lebih terang. Hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan 2 relay ( normaly open) Selanjutnya menghubungkan terminal 30 ke aliran positif baterai ( dapat diambil pada kabel yang terletak didekat saklar utama lampu kepala).
Hubungkan terminal lampu utama jarak dekat ke terminal 87 dengan Menghubungkan kabel saklar jarak dekat dengan terminal 85. Jika sudah dihubungkan potonglah kabel jarak dekat yang mengarah ke lampu tersebut.
Terminal 86 hubungkan ke arah negatif, Untuk lampu jarak jauh maka ulangilah langkah yang telah dilakukan sebelumnya pada relay selanjutnya.
  1. Memanfaatkan satu resistor

Hal ini dilakukan dengan memanipulasi kiprok, sehingga tegangan listrik yang mengarah pada lampu akan semakin bertambah. Dengan memasang satu resistor yang mempunyai kekutan 680 ohm/1 watt pada kabel spull lampu yang mengarah ke kiprok, maka secara langsung tegangan yang masuk pada kiprok dan generator akan berbeda.
Dimana tegangan yang masuk pada kiprok akan lebih rendah. Hal ini tentu akan menyebabkan regulasi tegangan oleh kiprok yang akan menjadi lebih besar dari sewajarnya. Dengan demikian akan diperoleh tegangan lampu mencapai 15 volt yang akan membuat nyala lampu menjadi lebih terang.
Apabila anda belum puas dan ingin meninggikan kembali voltnya anda dapat mencoba dengan resistor yang memiliki tegangan lebih besar. Hanya saja yang wajib anda ingat adalah semakin tinggi tegangan resistor maka lampu motor yang anda miliki akan lebih cepat rusak ataupun mati.
Sebagai tips gunakanlah variabel resistor potensio agar anda dapat memperoleh tegangan yang dimiliki hanya dengan memutar mutarnya saja.
  1. Mengganti bohlam  

Bagi motor yang menggunakan sistem kelistrikan AC cara yang mudah dan aman untuk membuat lampu menjadi semakin terang yaitu dengan mengganti atau menukar bohlam dengan bohlam yang memiliki watt lebih rendah dari bawaannya. Pada umumnya bohlam yang dibawa dari pabriknya memiliki daya 25 watt/12 volt.
Dengan begitu anda bisa menggantinya dengan bohlam yang memiliki ukurn 15/10 watt/12 volt. Namun sebaliknya, pada motor yang menggunakan sistem kelistrikan DC maka dapat mengganti bohlam dengan ukuran watt yang lebih tinggi dari awal bawaannya.
Dari Berbagai Sumber