Tlp SekarangWA Sekarang
Teknik Mengubah Kebiasaan Boros Menjadi Hemat

Kebiasaan Boros Menjadi Hemat via batampop.com

Apa anda suka belanja. Kegiatan satu ini tentu menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Bahkan saat belanja anda tidak menyadari bahwa anda sudah melakukan sejumlah pemborosan di dalam hidup anda. Hal ini berlangsung seperti sebuah kebiasaan yang tidak disadari dan menjadi hal yang terlihat wajar di dalam kehidupan yang anda jalani. Namun,bukan berarti tidak mungkin berubah,hal ini tentu bisa diperbaiki jika anda menerapkan metode yang tepat dalam menanganinya.

Lakukan 7 cara di bawah ini untuk memperbaiki kebiasaan hidup boros yang kamu jalani selama ini menjadi kebiasaan berhemat.

1.Susun Perhitungan

Ketika anda terbiasa hidup boros,maka dapat dipastikan anda memiliki sejumlah masalah dalam perkiraan keuangan. Lakukan penyusunan terhadap jumlah keuangan,terapkan berbagai macam kebijakan di dalamnya yang bertujuan untuk menghentikan pemborosan keuangan anda . Jangan anggap ini sebuah pekerjaan yang mudah,anda akan membutuhkan sebuah perhitungan dan pertimbangan yang cermat dalam menyusun sebuah anggaran yang tepat.

Susun perhitungan dengan masuk akal,jangan memasukkan sejumlah penghematan yang mustahil anda lakukan. Setelah menyusun perhitungan dengan baik,maka anda bisa menerapkannya di dalam kehidupan. Ingat,segala sesuatunya tidak bisa diubah secara instan. Lakukan penghematan pada perhitungan secara perlahan dan bertahap,sehingga tindakan tersebut bisa berjalan mudah dan tidak berpengaruh besar pada aktivitas anda sehari-hari.

2.Melakukan Analisa

Mengenai kebiasaan belanja yang berlebihan,ada baiknya anda melakukan analisa terhadap hal tersebut. Tidak semua kegiatan belanja itu buruk,namun yang wajib untuk dipikirkan adalah mengenai mana kebutuhan yang lebih diutamakan dan apa yang harus didahulukan.

Dengan mengetahui hal seperti ini,maka anda bisa memperkecil lingkup kebiasaan belanja yang anda lakukan. Bisa saja anda sebenarnya hanya butuh jalan-jalan kecil dan menikmati secangkir kopi,maka artinya tidak perlu membawa kartu kredit dan kartu ATM yang bisa menimbulkan kita untuk berbelanja,terutama bagi anda yang tidak dapat menahan diri untuk melakukannya. Hal ini perlu dilakukan supaya kita bisa mengatur pengeluaran kita saat sedang berbelanja.

3.Hitung Pengeluaran

Semua orang akan memiliki cara tersendiri dalam mengatur keuangannya. Akan tetapi,apapun cara yang anda pilih,sebaiknya anda mengawasi setiap pengeluaran yang anda lakukan dalam keuangan. Selalu luangkan waktu di akhir pekan untuk menghitung dan mengawasi pengeluaran anda. Hal ini akan membantu anda mengontrol keuangan dengan baik.

4.Ubah Kebiasaan Lama Anda

Banyak hal yang harus berubah dalam hidup anda, jika anda memang ingin mulai hidup hemat dan tidak boros. Anda bisa mengubah kebiasaannya dengan mudah. Misalnya,saat anda senang menikmati minuman di cafe yang terbilang cukup mahal,maka anda bisa mengubah kebiasaan tersebut dengan membawa minuman sendiri ke tempat kerja anda,namun jika anda ingin membeli minuman di luar,beli minuman di kantin kantor yang harganya jauh lebih murah.

5.Menghindari Godaan

Ketika anda mengetahui apa yang menjadi kelemahanmu,maka dengan mudah anda dapat menghindar dari hal tersebut. Hal ini juga berlaku dalam masalah kebiasaan belanja yang buruk,di mana anda akan sering melawan diri-sendiri ketika anda sedang jalan-jalan ke mall dan melihat banyak barang-barang bagus di sana. Jauhi mall dan pusat perbelanjaan,jika tempat itu memang membuat anda sulit berhemat.

6.Konsultasi Pada Ahli Keuangan

Ketika anda benar-benar jenuh dengan berbagai masalah keuangan yang tak kunjung membaik,maka ada baiknya anda mendatangi seseorang atau ahli keuangan untuk membicarakan hal tersebut. Dengan begitu anda bisa mendapatkan solusi dan juga dukungan untuk bisa menjalankan keuangan yang lebih baik lagi.

Cara berbagai sumber..