Tlp SekarangWA Sekarang
Pergantian kanvas rem

Pergantian kanvas rem via mobilmewah.net

Mengganti kanvas rem sendiri adalah cara yang jauh lebih murah dibandingkan harus membawanya ke bengkel, yang biasanya akan mengenakan tarif tinggi untuk jasanya. Hanya dengan ongkos pembelian barang, anda bisa membuat sistem rem mobil anda akan baik kembali dengan mengikuti beberapa langkah ini.

  1. Dapatkan kanvas rem yang benar.

Kanvas rem dapat dibeli di toko suku cadang mobil di dekat anda. Beritahukan merk, model, dan tahun mobil anda, dan anda tinggal memilih mana yang harganya cocok untuk anda. Biasanya, semakin mahal harganya, akan semakin awet.

  1. Pastikan mobil anda dingin.

Jika anda baru saja berkendara, anda akan berurusan dengan komponen rem yang amat panas, kaliper dan rotor. Pastikan komponen ini aman untuk disentuh sebelum anda lanjutkan.

  1. Kendurkan baut roda.

Dengan menggunakan kunci roda, kendorkan baut roda sampai sekitar dua pertiga jalan.

  1. Dongkrak mobil anda dengan hati-hati sampai rodanya bisa dilepas dengan mudah.

Periksa buku manual untuk memastikan posisi dongkrak yang benar. Berikan balok di belakan dan di depan roda yang lain untuk mencegah mobil berjalan maju atau mundur.

  1. Lepaskan roda.

Selesaikan pelepasan baut roda hingga tuntas saat mobil sudah dinaikkan. Tarik roda ke arah anda untuk melepaskannya.

  1. Buka mur kaliper menggunakan kunci sok atau kunci ring yang cocok.

Kaliper melekat erat pada rotor rem seperti klem, yang tugasnya adalah memperlembat putaran roda sebelum kanvas rem mulai bekerja, dengan menggunakan tekanan hidrolis untuk menimbulkan gesekan pada rotor. Kaliper biasanya berbentuk satu atau dua keping, diperkuat dengan dua sampai empat baut di dalam rumah as roda, dimana roda berpegangan. Semprot baut-baut ini dengen WD 40 atau penetran PB untuk mempermudah pelepasannya.

Banyak mobil jepang menggunakan dua keping kaliper geser yang hanya memperlukan pembukaan dua buah baut yang menghadap keluar, dengan ukuran 12-14 mm. Anda tidak perlu membuka keseluruhan kaliper 

Teknik Pergantian

  1. Lepaskan kanvas lama.

Akhirnya! Perhatikan bagaimana posisi kanvas terpasang, Akan butuh sedikit paksaan untuk melepasnya, maka berhati -hatilah jangan sampai merusak kaliper saat membukanya.

  1. Pasang kanvas rem baru.

Saat ini, anda bisa menyemprotkan caran anti karat pada titik kontak logam bada bagian belakang kanvas rem. Ini akan mengurangi suara mendecit. Namun jangan sampai cairan itu mengenai bagian dalam kanvas rem. Ini akan membuat licin dan kanvas rem tidak dapat menghentikan putaran roda. Pasang kanvas baru persis sama posisinya dengan kanvas lama.

  1. Periksa oli rem.

Periksa jumlah oli rem anda dan tambahkan jika perlu. Tutup kembali penutupnya setelah selesai.

  1. Pasang kembali kaliper.

Selipkan kaliper perlahan kembali pada rotor, sehingga tidak merusak apapun. Pasang dan kencangkan kembali kalipernya.

  1. Pasang kembali roda.

Masukkan roda kembali dan kencangkan mur nya sebelum menurunkan kembali mobilnya.

  1. Kencangkan mur roda.

Pada saat mobil kembali di atas tanah, kencangkan roda dalam pola seperti bintang. Kencangkan satu baut, dan kemudian baut di seberangnya, sampai akhirnya semua baut dikencangkan.

  1. Nyalakan mesin,

Pastikan mesin dalam posisi netral atau parkir, injak pedal rem 15-20 kali untuk memastikan kanvas rem terpasang dengan benar.

  1. Tes kanvas rem baru anda.

Berjalanlah dengan kecepatan 5 km/jam dalam komplek perumahan y ang sepi, rem dengan normal. Jika mobil bisa berhenti dengan normal, ulangi lagi dan tingkatkan kecepatan menjadi 10 km/jam. Ulangi lagi bebertapa kali dan tingkatkan kecepatan bertahap sampai 35 – 40 km/jam. Juga cek saat mengerem sambil berjalan mundur. Pengetesan rem ini akan memastikan tidak adanya masalah pada sistem rem anda, memberikan anda rasa aman dan memastikan kanvas rem duduk kuat pada tempatnya.

Kanvas rem baru mungkin akan sedikit mendecit, tapi jika anda mendengar suara seperti logam bergeser, mungkin anda memasang kanvas remnya terbalik, dan ini harus segera diperbaiki.