Tlp SekarangWA Sekarang
Teknik Airbrush

Teknik Airbrush di Helm via skullskidderhelmets.blogspot.co.id

GADAIBPKBMOBIL.COM, Mengecat dengan teknik airbrush adalah cara pengecatan yang hampir sama dengan melukis yang tujuannya untuk memperoleh hasil akhir yang indah.

Umumya, peralatan yang digunakan dalam teknik ini diantarnya adalah pompa dan tangki udara (kompresor), spray pen, dan kertas, serta selotip.

Teknik pengecatan airbrush sudah ada sejak dulu. Penemuan pertama tahun 1879 dan penemuan teknik airbrush ke dua yaitu tahun 1893. Untuk tahu lebih jauh bagaimana teknik pengecatan airbrush ditemukan berikut kita bahas bersama-sama:

Pada jaman pra sejarah manusia purba mulai mengolah rasa estetikanya dengan menerjemahkan imajinasi yang ada dalam pikiran mereka pada saat itu dengan coretan atau gambar sederhana. Mereka menggunakan dinding-dinding gua dan tempat di sekitar mereka tinggal sebagai medìanya.

Mereka berusaha menceritakan pemahaman tentang manusia, hewan, tumbuhan dan cerita kehidupan sehari-hari melalui dinding gua. Di Argentina di dalam gua Pinturas River, Region Patagonia terdapat lukisan dinding yang menjadi cikal bakal teknik airbrush.

Airbrush sederhana ini dilakukan dengan tulang hewan untuk menyemburkan pewarna yang disimpan di dalam mulutnya dan telapak tangan mereka sebagai malnya.

Airbrush

Teknik Airbrush via kaskus.com

Temuan pertama, 1879:

Dalam catatan sejarah seni lukis modern, airbrush baru berkembang pada akhir abad ke-19. Tahun 1879 dikenal sebagai tahun penemuan teknik melukis dengan memanfaatkan tekanan angin yang kini dikenal dengan airbrush. Alat yang digunakan untuk mentransfer cat ke media lukis awalnya disebut paint distributor.

Orang yang berjasa menemukan alat ini adalah Abner Peeler, seorang penemu professional yang sepanjang hidupnya melakukan berbagai percobaan. Kemudian Peeler menjual patennya kepada Lyberty Walkup dari perusahaan Walkup brothers pada bulan Agustus 1883.

Ketika di Indianapolis dilakukan kovensi fotografi, paint distributor terjual sebanyak 63 unit pada 1883, Lyberty Walkup mendirikan sebuah pabrik yang dinamakan Airbrush Manufacturing Company di Rockford, Illinois.

Saat itu pula istilah airbrush diperkenalkan kepada umum. Alat ini banyak digunakan untuk keperluan foto retouching. Sukses Walkup memicu banyak orang meniru langkahnya.

Temuan kedua, 1893:

Charles L. Burdick, seorang seniman Amerika yang tinggal di Chicago menemukan pen bertipe internal mix airbrush. Setelah menemukan alat ini, pada tahun 1893 ia pindah ke Inggris untuk mendirikan Fountain Brush Company.

Burdick orang yang berjasa dalam memodifikasi alat ciptaan Peeler sehingga menjadi alat yang mudah digunakan karena bentuknya menyerupai pena. Ia memperkenalkan sekaligus mematenkan temuannya yakni needle control system atau system control pengeluaran cat dengan sebatang jarum.

Di Indonesia:

Airbrush diperkenalkan oleh para seniman pendatang dari Belanda bersamaan dengan datangnya mereka ke negeri jajahan. Tetapi tidak ada catatan sejarah yang akurat akan hal ini.

Bahkan perkembangan airbrush cenderung berjalan jalan ditempat. Para seniman airbrush yang sudah mahir sangat menjaga kerahasiaan ilmu dan keterampilannya dengan berbagai alasan agar tekniknya tidak ditiru orang.

Bagaimana memulai pekerjaan airbrush, mengenal alat, dan apa yang pertama harus dilakukan. Tentang airbrush pemula berikut langkah-langkahnya :

Langkah Pertama:

Adalah tentukan dahulu akan melakukan kerja airbrush pada media apa saja agar tidak kebingungan untuk alat yang akan di beli dan dipelajari karena tiap media akan memerlukan pengetahuan alat, media cat, dan step kerja yang berbeda.

Peralatan airbrush

Peralatan Airbrush via kaskus.com

Langkah Kedua:

Banyak-banyaklah mencari informasi tentang alat dan media yang akan dikerjakan agar tidak bingung saat menentukan pilihan saat membeli alat dan cat untuk bekerja.

Langkah Ketiga:

Mendatangi teman yang telah memulai dahulu menekuni airbrush adalah hal yang sangat baik dilakukan untuk menambah informasi penting tentang airbrush.

Menekuni hoby airbrush bukanlah hanya belajar menggambar tapi anda juga harus mengerti tentang step pengecatan dan mengenal warna dengan baik.

Tapi jangan takut dahulu semuanya bukanlah hal sulit dan sangat rumit untuk dilakukan semua hal di atas adalah hal yang sangat simple dan mudah, karena untuk anda ketahui cat dan alat di buat pabrikan agar anda mudah untuk memakainya bukan di buat sulit jadi coba dahulu dan lakukan saja.

Tiap pabrik cat akan megeluarkan ratusan warna untuk anda beli dan ratusan tipe alat yang anda perlukan untuk bekerja. Pikirkan untuk membeli alat yang bisa mempermudah kerja dan tidak menganggapnya remeh dan anda tukar dengan alat bantu seadanya.

Yang berujung dengan hasil kerja tidak maksimal dan pada ahirnya anda akan putus asa dalam hal kerja airbrush. Tidaklah harus mahal dan sangat lengkap tapi pilih alat dan bahan untuk bekerja yang benar-benar vital.

Contohnya saja isolasi yang bagus kualitasnya, pen cuter dengan ujung pisau cadangan. Cat yang kualitasnya bagus dan masih banyak lagi alat bantu yang perlu di pertimbangkan untuk di beli. Dana atau budget bukanlah alasan dan menabung adalah solusinya.

Fokus adalah hal yang sangat membantu untuk hasil terbaik dan anda akan lebih peka terhadap kekurangan yang harus di perbaiki. Selalu pikirkan solusi  terbaik saat berkarya jangan takut memakai cara anda sendiri untuk menghasilkan karya maksimal.

Karena hal yang maksimal dalam berkarya karena anda sering melakukan kegagalan dan banyak salah karena teknik airbrush di temukan karena kegagalan dan kesalahan saat bekerja.

Kesimpulannya:

Rapi dan bersih adalah hal utama dalam berkarya dan sebenarnya yang membuat karya adalah yang sepenuhnya tahu akan kekurangan karyanya sendiri bukan orang lain.

Sabar dalam berkarya tapi tidak lembek dalam bekerja usahakan bekerja secara sistimatis tidak serabutan tentukan dahulu mana yang harus di dahulukan dan di terapkan. Tenang saja anda sedang belajar membuat yang terbaik. Kepuasan anda dalam berkarya tidaklah tergantikan dan pujian juga penghargaan dari orang lain adalah bonusnya.

(Diedit oleh Timothy Fathi; dikutip dari berbagai sumber. Gambar: kaskus.com)

marketing officer

0823 1212 7755 (Call Center)

Butuh Dana? Punya BPKB? Ketik pesan SMS seperti format dibawah ini atau hubungi via telepon, FAST RESPONSE. Dalam 5-10 menit kami akan segera menghitung detail simulasi pinjaman, angsuran, masa tenor dan lain-lain. Apabila data lengkap, akan kami jemput sekaligus SURVEY (No Tipping!). Proses maks 1 HARI (data lengkap). Melayani seluruh Indonesia. NO BI CHECKING.

Ketik: Nama/No. HP Anda/MEREK MOBIL-TIPE-MT-AT/Tahun Kendaraan/Domisili

Contoh: Krisna/082312494977/Toyota Innova G 2.0 AT Bensin 2012/Surabaya  KIRIM ke: 0823 1212 7755