Tlp SekarangWA Sekarang
Taktik Pintar Menghemat Premi Asuransi Mobil

Asuransi Mobil via asuransime.com

 

Pembelian asuransi bagi pemilik mobil memang sangat penting, justru  harus dilakukan sedini mungkin mengingat angka kecelakaan di jalan raya yang semakin tinggi karena jumlah kendaraan yang semakin banyak. Dengan mempunyai polis asuransi mobil, tentu ada rasa nyaman & aman selama berkendara. Jika hal buruk terjadi, kerugian akan dialihkan ke perusahaan asuransi sehingga kondisi keuangan tetap “sehat”. Untuk dapat merasakan manfaat dari asuransi mobil, seseorang harus membayar premi tepat waktu & berkelanjutan. Mengingat situasi ekonomi yang tidak menentu, alangkah baiknya jika dapat menghemat biaya premi asuransi mobil.

Adapun beberapa cara untuk memperoleh asuransi Mobil Murah di antaranya seperti berikut:

  1. Miliki catatan kepolisian yang baik

Catatan kepolisian menjadi pertimbangan pihak perusahaan dalam menentukan premi asuransi mobil. Ketika catatan kepolisia “kotor” seperti halnya sering terkena tilang karena tidak memakai sabuk pengaman, tidak membawa SIM & STNK, atau bahkan sampai terlibat kasus hukum karena menabrak pengendara lain, tarif premi yang ditawarkan perusahaan asuransi berpotensi besar. Kondisi ini menjadi parameter sebagai pengendara dengan resiko kecelakaan yang lebih tinggi. Maka dari itu, jika ingin menekan biaya premi asuransi mobil, jadilah pengendara yang peduli & mematuhi aturan lalu lintas. Sebenarnya, peduli & taat terhadap aturan lalu lintas bukan hanya menghemat tarif premi melainkan juga dapat memperkecil potensi kecelakaan diri dari pengendara lain.

  1. Tambahkan jaminan seperlunya

Selain menawarkan perlindungan Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive (All Risk), setiap perusahaan asuransi umumnya menawarkan jaminan perluasan. Nasabah bisa menambah jaminan dalam polis asuransi mobil sehingga mendapatkan perlindungan untuk kejadian yang lebih luas lagi. Hanya saja, ada tambahan biaya untuk menambahkan jaminan dalam polis. Oleh karena itu, disarankan menambahkan jaminan perluasan seadanya saja guna mengurangi tarif premi. Selain itu juga bisa, menambahkan jaminan tanggung jawab pihak ketiga karena bisa saja menabrak atau sebatas menyenggol kendaraan lain. Untuk jaminan perluasan banjir juga, tidak harus menambahkannya dalam polis jika memang tidak tinggal di kota yang rawan banjir seperti Jakarta.

  1. Bandingkan premi dari beberapa provider

Penawaran tarif premi pada tiap perusahaan asuransi pada dasarnya tidak terlalu jauh karena OJK telah menetapkan batas bawah dengan batas atas untuk premi asuransi mobil guna meminimalisir kerugian bagi nasabah atau provider sendiri. Akan tetapi, bisa memperoleh tarif premi asuransi mobil yang lebih murah dan tentunya sangat menyenangkan. Strategi perbandingan bisa digunakan untuk menghemat premi asuransi mobil. Bandingkan premi asuransi mobil Allianz dengan premi asuransi provider lainnya. Untuk melakukan perbandingan tarif premi, tidak perlu bersusah payah dari kantor satu ke kantor lainnya karena hal ini bisa dilakukan secara online. Ada banyak situs yang menyediakan kalkulator perbandingan tarif premi asuransi perusahaan satu dengan lainnya sehingga lebih mudah.

Untuk menghemat premi asuransi mobil, tidak harus terpaksa memilih perlindungan TLO yang hanya mendapatkan ganti rugi apabila kerusakan mobil di atas 75% sedangkan di bawah dari itu menggunakan uang kantong sendiri, bisa juga dengan memilih proteksi All Risk yang akan memperoleh jaminan terhadap lebih banyak resiko dengan premi yang lebih hemat yaitu dengan memanfaatkan cara pintar tersebut.

 

Dari berbagai sumber