Tlp SekarangWA Sekarang
Peralatan Mobil Yang Harus Tetap Tersedia

Peralatan Mobil via pubinfo.id

 

Persiapan yang harus dan wajib dilakukan sebelum melakukan perjalanan baik itu jarak jauh maupun jarak dekat, terlebih jika kendaraan yang digunakan bukan kendaraan pribadi (kendaraan kantor yang dipakai bersama atau kendaraan yang dipinjam dari teman atau rental).

SIM dan STNK

SIM dan STNK harus selalu dibawa saat berkendara jika tidak ingin mengalami kesulitan dengan hukum. Pastikan bahwa surat – surat kendaraan yang digunakan dalam keadaan lengkap dan masih berlaku, jangan sampai karena surat – surat kendaraan tidak lengkap akan mendapat kesulitan di jalan, dengan surat kendaraan yang lengkap juga akan berkendara dengan tenang dan akan terhindar dari kesulitan jika suatu saat sedang berkendara diberhentikan pihak berwajib yang sedang melakukan razia.

Berkendara pasti akan menghadapai masalah jika tidak dapat menunjukkan kelengkapan surat – surat kendaraan, karena bisa saja nantinya dianggap menggunakan kendaraan curian yang tentunya hal ini akan menyita banyak waktu.

Pastikan peralatan yang dibutuhkan pada situasi emergency tersedia Sebelum memulai perjalanan, tidak ada salahnya meluangkan waktu beberapa menit untuk melakukan pengecekan peralatan–peralatan emergency yang memang harus tersedia di dalam mobil, dimana peralatan – peralatan tersebut akan sangat membantu menghadapi kondisi – kondisi yang sangat tidak diharapkan selama dalam perjalanan.

Berikut beberapa peralatan yang harus selalu tersedia di dalam mobil :

  1. Ban serep

Ban serep ini sering luput dari pemeriksaan karena biasanya diletakkan di bawah bagasi atau untuk beberapa tipe kendaraan ada yang digantung pada bagian bawah kendaraan sehingga membuat orang malas atau sering lupa untuk memeriksa kondisi dan tekanan angin ban serepnya. Tekanan angin pada ban serep harus diperiksa minimal 1 minggu sekali untuk memastikan tekanan anginnya masih cukup.
  1. Dongkrak dan Kunci roda

Dongkrak, kunci roda, segi tiga pengaman merupakan peralatan yang harus tersedia di dalam mobil jika tidak ingin terdampar di jalan tol tengah malam, karena kelalaian tersebut akhirnya menyita banyak waktu yang terbuang sia-sia dan harus menunggu pertolongan orang lain. Periksa kondisi kunci roda juga dalam keadaan bagus, tidak aus atau patah, karena hal tersebut akan menyulitkan saat akan membuka mur atau baut roda.
Segi tiga pengaman harus juga diperhatikan, peralatan yang satu ini harus dipasang beberapa meter dari mobil pada saat mengganti ban yang bocor khususnya jika hal itu terjadi pada malam hari di dalam jalan tol yang penerangannya kurang, hal ini untuk memberi peringatan pengemudi lain tentang keberadaan Anda.
  1. Kotak P3K
Kotak P3K, pastikan setiap mobil yang digunakan mempunyai kotak P3K dan pastikan isinya lengkap, karena terkadang kotak p3k nya ada, tapi isinya kosong. Contohnya saat berkendara tengah malam diderah yang jauh dari pemukiman penduduk dan tiba-tiba ban pecah, dan saat mengganti ban tanpa sengaja kunci roda melejit yang menyebabkan tangan terluka, coba bayangkan jika tidak mempunyai kotak P3K yang berisi obat anti septik dan plester untuk membalut luka.
  1. Kunci – kunci standard (kunci pas, Tang, Obeng dll)

Tool kit ini diperlukan untuk melakukan perbaikan – perbaikan ringan. Contohnya saat ada kerusakan – kerusakan kecil seperti mobil yang tidak bisa starter hanya dikarenakan kepala akinya yang kendor dapat diperbaiki tanpa harus memanggil mekanik atau orang lain untuk melakukannya. Namun jika merasa kerusakan tersebut tidak bisa ditangani apalagi itu berhubungan dengan safety, sebaiknya segera hubungi mekanik atau bengkel langganan.
  1. Kabel jumper, Senter, Tambang

Kabel jumper harus selalu tersedia di bagasi jika menggunakan mobil dengan transmisi otomatis. Karena jika tiba – tiba aki “ngadat”, maka mobil hanya bisa dihidupkan dengan cara mengganti aki baru atau menjumper dengan mobil lain menggunakan kabel jumper. Senter juga akan sangat menolongnya jika nanti mengalami masalah pada malam hari di areal yang penerangannya kurang.
Jika mobil mengalami masalah dan tidak dapat ditangani saat itu, maka yang dibutuhkan adalah tambang untuk menarik mobil sampai bengkel terdekat atau menuju ke tempat yang lebih aman dan nyaman sambil menunggu mekanik dan bengkel kepercayaan datang untuk melakukan perbaikan.

Demikianlah beberapa peralatan yang harus kita periksa atau harus selalu tersedia dalam mobil agar senantiasa dapat berkendara dengan nyaman dan saat mengalami masalah tidak akan membuatnya menjadi tambah sengsara karena tidak memeriksa atau mengabaikan hal-hal yang kelihatannya remeh, namun jika terjadi masalah akan menimbulkan kerugian yang besar untuk diri kita dan orang lain.

 

 

 

Dari berbagai sumber