Tlp SekarangWA Sekarang
Pencetus Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Klaim Asuransi Mobil via tribunnews.com

 

Mendaftarkan kendaraan pada asuransi mobil all risk atau total loss only memang hal yang tepat. Hanya saja, banyak masyarakat yang masih belum memahami dengan benar tentang jenis asuransi tersebut. Bahkan banyak yang merasa dibohongi ketika mengetahui asuransi mobil All risk tidak menanggung semua risiko, padahal hal ini tercantum dalam polis. Hal ini tentunya sangat disayangkan, mengingat sebagai pengguna seharusnya lebih cerdas dan tahu jelas tentang  produk yang dibayarkan setiap bulan. Ketidaktahuan inilah yang kemudian membuatnya melakukan klaim tanpa mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Akibatnya, begitu klaim ditolak, merasa tertipu dan dibohongi. Padahal, semua hal tersebut sudah tertulis dalam perincian polis.

Agar klaim tidak ditolak, perhatikan dulu beberapa hal berikut ini :

1. Klaim telah melewati batas waktu yang ditetapkan

Perlu diketahui, setiap perusahaan asuransi telah memiliki batas waktu klaim tersendiri ketika terjadi sesuatu. Misalnya, pada satu hari mobil  mengalami kecelakaan dan hendak melakukan klaim. Karena satu dan lain hal, tidak sempat mengurus klaim dan baru sempat mengurusnya satu minggu kemudian. Jika melakukan hal ini, maka jangan heran jika klaim ditolak bahkan sebelum petugas meneliti berkasnya. Mengapa?  Alasannya adalah karena sudah melewati batas waktu yang ditentukan. Biasanya klaim harus diurus dalam waktu 3×24 jam. Jika melewati batas ini, kemungkinan klaim ditolak sangatlah besar.

2. Dokumen yang disiapkan tidak lengkap

Ketika hendak mengajukan klaim, pastikan bahwa dokumen yang dibawa untuk proses klaim sudah lengkap dan tidak ada yang tertinggal. Mengurangi atau melupakan salah satu dokumen dengan sengaja atau tanpa sengaja dapat membuat klaim ditolak. Biasanya, dokumen yang harus disiapkan adalah fotokopi polis asuransi, fotokopi SIM dan STNK, kartu identitas, dan formulir pengajuan klaim. Tidak hanya itu, yang  dibutuhkan surat keterangan dari polisi jika mobil mengalami kerusakan berat. Jadi, persiapkan seluruh kelengkapan dokumen.

3. Melakukan pelanggaran hukum

Pihak asuransi berhak menolak pengajuan klaim, jika pada saat kejadian melakukan pelanggaran hukum. Misalnya, seseorang hendak mengajukan klaim terhadap mobil yang rusak akibat kejadian lalu lintas. Namun ketika diteliti lebih lanjut, ternyata kejadian itu juga melibatkan kesalahan dari orang tersebut sebagai pengemudi, mulai dari mengemudi ugal-ugalan, tidak membawa SIM, atau bahkan mabuk. Hal tersebut bisa menjadi alasan yang membatalkan asuransi kendaraan itu.
Kerusakan yang timbul pada kendaraan muncul karena disengaja. Demi mendapatkan keuntungan dari klaim asuransi, ada saatnya seseorang melakukan hal-hal yang tidak terpuji yaitu dengan sengaja merusak kendaraannya. Bisa dengan menabrakkan mobil dengan sengaja, memukul bodi kendaraan agar penyok, dan lain sebagainya. Pada suatu, ketika petugas dari perusahaan asuransi menemukan hal-hal seperti ini, maka mereka memiliki hak untuk menolak klaim asuransi tersebut.

Itu penjelasan beberapa hal yang menyebabkan klaim ditolak oleh pihak asuransi.

 

 

 

Dari berbagai sumber