Tlp SekarangWA Sekarang
Pemicu Terjadinya Motor Mogok

Motor Mogok via porindo.com

Motor yang seketika mogok di tengah jalan pasti akan membuat pengendara merasa panik. bahkan selagi melakukan perjalanan jarak jauh. Kondisi ini akan semakin parah saat berada dalam suasana terburu-buru. Padahal sebenarnya penyebab motor mogok secara tiba-tiba terjadi oleh kerusakan kecil pada komponen mesin dan dapat diperbaiki sendiri dengan mudah. Perbaikan motor agar dapat berjalan kembali tidak terlalu lama dan tidak perlu dibawa ke bengkel. Namun pada kondisi yang tidak memungkinkan diperbaiki sendiri apalagi tidak mengerti masalah teknik mesin motor maka mau tidak mau harus dibawa ke bengkel untuk memperoleh perbaikan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab motor mogok secara tiba-tiba.

Bahan bakar pada tangki habis atau kosong. Periksa pada bagian tangki bahan bakar apakah bahan bakar masih atau sudah kosong. Penggunaan bahan bakar yang memiliki oktan rendah dapat menyebabkan timbal terlepas dan menyumbat klep sehingga  menyebabkan motor menajadi mogok secara tiba-tiba.

  1. Bahan bakar atau bensin tidak mengalir

Bensin yang tidak dapat mengalir lancar ke karburator atau macet dapat menjadi penyebab motor mogok secara tiba-tiba. Periksa pada bagian filter bensin atau selang bensin, apakah terdapat sumbatan dari kotoran.

  1. Masalah pada karburator

Karburator yang kemasukan air atau kotor juga dapat menyebabkan motor menjadi mogok secara tiba-tiba. Periksa bagian karburator dan bersihkan dari kotoran serta keringkan menggunakan lap kain kering.

  1. Masalah pada bagian pengapian

Apabila proses pengapian pada mesin motor bermasalah maka tidak ada pembakaran bahan bakar di ruang pembakaran. Untuk mengetahui ada tidaknya permasalahan pada bagian perapian harus diperiksa bagian koil, busi dan CDI. Busi yang aus dapat menyebabkan tidak ada proses pengapian pada mesin motor dan motor mogok seketika. CDI yang telah lemah atau rusak tidak dapat menyuplai sumber listrik sehingga proses pengapian tidak berlangsung.

  1. Tidak ada kompresi mesin

Jika permasalahan pada kompresi mesin maka mesin tidak dapat menyumpal  udara dan bensin agar memantik api pada busi dan terjadi proses siklus pembakaran di dalam ruang mesin. Cara memeriksanya adalah dengan melepaskan busi kemudian letakkan jari pada lubang busi mesin dan mesin distarter. Apabila tidak terasa panas maka tidak terdapat kompresi mesin. Jika tidak memungkinkan untuk memperbaiki masalah kompresi mesin maka mau tidak mau harus dibawa ke bengkel untuk diperbaiki.

  1. Filter udara kotor

Filter udara yang kotor dapat menyebabkan tarikan gas menjadi berat dan motor mogok secara tiba-tiba. Padahal filter udara berfungsi untuk menyaring udara dari luar.

Demikian beberapa penyebab motor mogok secara tiba-tiba yang sering membuat panik pengendara. Setelah diketahui penyebabnya maka diperbaiki sendiri dapat dilakukan dengan lebih mudah. Namun jika tidak memungkinkan maka motor harus dibawa ke bengkel.

 

 

Dari berbagai sumber…