Tlp SekarangWA Sekarang
Memilih Knalpot Mobil

Memilih Knalpot Mobil via asapmobil.com

Choosing a Car Muffler  Banyak orang yang gemar buat mengganti part atau anggota mobil mereka dengan berbagai tujuan. Ada yang untuk memberikan unjuk perasaan yang lebih menarik, meningkat kenikmatan atau bahkan meningkatkan penampilan  kendaraan. Salah satunya adalah dengan mengganti knalpot mobil bawaan pabrikan dengan produk aftermarket.

rencana dari mengganti knalpot mobil standar ini berbeda-beda. Ada yang hanya ingin mengejar penampilan, mendapatkan suara yang lebih gagah atau agar tarikan mesin lebih terasa. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips memilih knalpot mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Perhatikan Saluran Gas Buang Knalpot Mobil Anda

bila anda mengganti knalpot standar mobil anda dengan knalpot aftermarket dengan tujuan untuk meningkat performa mesin, maka anda harus memperhatikan struktur dari saluran gas buang mobil kesayangan anda. Antara lain, anda harus memperhatikan struktur header gas buang, resonator dan muffler.

Mempilih Header Knalpot Racing

Biasanya pemilik mobil ingin mengganti header knalpot bawaan standar mobil karena alasan performa dan juga ingin mendapatkan sensasi suara mesin yang lebih garang. Saat memilih header ini, pastikan anda juga tahu konsekuensi dari model header yang digunakan. Biasanya model header mempengaruhi performa seperti pada tarikan atas atau pada tarikan bawah, atau mungkin keduanya.

Mengganti Pipa Knalpot

Jika anda ingin mendapatkan performa yang lebih baik, maka biasanya anda akan diharuskan ikut mengganti beberapa bagian yang terdapat di saluran gas buang. Salah satunya adalah pipa knalpot. Saat mengganti bagian ini, pilihlah pipa knalpot dengan kualitas yang baik. Contohnya adalah dengan memilih pipa knalpot yang memiliki lekukan dan bentuk bulat sempurna dan tidak ada kelebihan material yang menonjol di bagian dalam knalpot. Hal ini penting agar gas buang yang keluar dari mesin tidak akan mengalami hambatan.

Variasi Model Muffler / Knalpot

Kebanyakan orang mengganti knalpot mereka hanya untuk mendapatkan suara yang lebih garang dan juga model yang lebih gagah. Untuk itu, anda dapat mengganti bagian muffler atau mulut knalpot saja. Saat memilih model, sesuaikan dengan bentuk mobil serta karakter suara yang ingin anda peroleh. Semakin besar mulut knalpot, maka biasanya semakin rendah karakter suara yang dihasilkan (bass).

selain itu, pilihlah knalpot dengan bahan yang baik agar lebih awet, tahan lama dan tidak mudah termakan karat. Bahan knalpot yang baik ini antara lain adalah bahan stainless steel yang terkenal ringan dan awet.