Tlp SekarangWA Sekarang
Kepedulian Masyarakat Dalam Memilih Asuransi

Asuransi via masihbelajar.com

Banyak penawaran asuransi di pasaran sekarang ini yang terus menyesuaikan diri dengan kemampuan keuangan masyarakat. Premi yang dibayar per bulan sudah bisa menjangkau keuangan masyarakat yang meiliki perekonomian rata-rata ke bawah. Tentu premi tersebut memiliki pertanggungan layanan perawatan kesehatan yang sudah diputuskan pada awal penawaran.

Dana yang dibayar setiap bulan tersebut digunakan untuk kebutuhan selama perawatan jika terjadi masalah kesehatan pada anggota keluarga Anda. Pentingnya asuransi kesehatan ini sudah bisa menjaring masyarakat untuk ikut menyimpan dana kesehatan dalam asuransi.

Masyarakat mengikuti program asuransi kesehatan ini supaya mendapat fasilitas yang baik ketika terjadi masalah kesehatan. Namun, sebagian dari mereka juga menginginkan asuransi murah dengan penyedia layanan yang baik.

Berdasarkan permintaan tersebut, membuat beberapa asuransi membuat penawaran asuransi murah dengan layanan baik. Namun, penawaran seperti itu perlu diperhatikan, bisa jadi Anda justru lupa dengan pembayaran premi tiap bulan.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus bisa mengenali keamanan asuransi untuk mendapatkan layanan yang sesuai dengan pilihan.

Untuk mendapatkan asuransi yang tepat bukan perkara mudah. Selain memperhatikan keamanannya, Anda juga harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan. Hal itu tentu membuat Anda harus membandingkan antara perusahaan asuransi satu dengan lainnya.

Di bawah ini ada beberapa cara memilih asuransi yang bisa membantu Anda menemukan asuransi kesehatan sesuai keinginan dan kebutuhan, diantaranya yaitu :

Kenali Kebutuhan dan Kemampuan Anda Terlebih Dahulu

Seringkali Anda tidak mengetahui kebutuhan secara tepat dalam membeli sesuatu. Membeli produk asuransi tidaklah sama dengan membeli produk-produk tangible (dapat dilihat, disentuh, contohnya seperti rumah, mobil dan lainnya.

Karena pada dasarnya produk asuransi termasuk kepada intangible (tidak dapat dilihat, disentuh) namun dampaknya bisa dirasakan seumur hidup. Oleh karena itu pertimbangan awal yang dilakukan secara matang sangat menentukan, karena jika tidak tepat dalam memilih maka kerugiannya akan dirasakan oleh diri Anda sendiri seumur hidup. Meskipun begitu Anda bisa berhenti kapan saja untuk menutup polis asuransi tersebut. Namun jika terjadi demikian maka kerugian akan menanti Anda.

Ketika memutuskan untuk mempertimbangkan membeli polis asuransi suatu produk dari perusahaan asuransi, yang pertama Anda lakukan adalah menentukan kebutuhan terlebih dahulu.

Pastikan Penjual Produk Asuransi adalah Agen Berlisensi AAJI

Langkah kedua ini, menjadi cara penting untuk mengkonfirmasi apakah penjual asuransi adalah agen resmi yang telah terdaftar atau hanya sekedar broker saja. Apa yang membuat hal seperti ini menjadi penting ? jika seseorang menjadi agen resmi maka ia akan memiliki tanggung jawab besar terhadap produk asuransi yang dijualnya.

Terlebih lagi bertanggung jawab terhadap customer atau peserta yang menjadi tanggungannya.
Tahukah anda Bagaimana cara anda memastikan bahwa agen asuransi tersebut adalah resmi ? yaitu dengan cara menanyakan keanggotaan AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia).

Setiap agen resmi pasti sudah terdaftar dan memiliki kartu AAJI baik itu yang bersifat sementara ataupun yang telah berlisensi penuh. Jadi tidak ada salahnya jika anda menanyakan keanggotaan mereka apabila  anda ditawarkan produk asuransi, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan oleh anda ke depannya.

Hal yang paling penting adalah untuk memastikan bahwa agen yang menawarkan produk asuransi tersebut nantinya dapat membantu anda jika terjadi klaim atau mengurus administrasi dan yang lainnya. Jika agen tersebut tidak mempunyai AAJI maka kesan pertama yang akan muncul pada diri  anda adalah rasa ragu dengan kemampuan dan kredibilitas agen tersebut.

Kenali Perusahaan Asuransi yang Menawarkan Produk

ketika anda membeli produk asuransi jangan gegabah, dan jangan terlalu lama, karena perlindungan  asuransi sangat diperlukan di dunia untuk antisipasi,karena anda tidak tahu kapan sakit atau mengalami musibah atau bahkan yang lebih buruk meninggal dunia. Untuk menentukan integritas perusahaan memang bukan hal yang mudah, di bawah ini ada yang perlu anda perhatikan yaitu

Umur perusahaan sangat menentukan integritas sebuah perusahaan karena itu membuktikan eksistensi perusahaan yang terus berjalan diterpa berbagai kesulitan perekonomian dari masa ke masa. Hanya saja seringkali umur perusahaan tidak berbanding lurus dengan pelayanan dan kualitas produk, karena ada yang sudah lama tapi terlibat pada model manajemen yang lama sehingga pada akhirnya tidak berkembang, akan tetapi paling tidak inilah hal pertama yang perlu Anda pertanyakan.

Penghargaan yang diperoleh, integritas sebuah perusahaan pun ditunjang dari kemampuan perusahaan dalam memperoleh penghargaan. Keterlibatan perusahaan asuransi di dalam ajang kompetisi sangat penting karena basis bisnis asuransi adalah jasa. Jadi komitmen untuk melayani pelanggan dengan baik menjadi bukti kesungguhan perusahaan tersebut dalam menjaga kepercayaan customer.

Permodalan, ada banyak pendapat bahwa asuransi non lokal lebih kuat jika dibandingkan dengan asuransi lokal. Jadi ini memang tidak salah akan tetapi kurang tepat. pada kenyataannya ada asuransi lokal yang gulung tikar gara-gara permodalan yang tidak kuat dan hanya sebagai akumulasi dari perusahaan yang ada. Tapi jika kita melihat tidak sedikit juga perusahaan asuransi lokal yang bertahan sampai kurun waktu yang lama, bahkan sampai kapanpun bisa eksis terus.

Bandingkan Produk Dengan Asuransi Yang Lain

biasanya anda merelakan diri untuk datangi oleh agen asuransi, karena membandingkan produk itu adalah hak dari konsumen, jadi memang lebih baik untuk mendapatkan produk asuransi yang terbaik dari yang sudah ada. Tidak usah terburu-buru, mintalah beberapa perusahaan asuransi membuatkan ilustrasi dan mulailah mempelajari produk asuransi tersebut.

Cermatlah Memilih Produk Asuransi

Pelajari dengan cermat beberapa hal yang harus anda pertimbangkan dengan baik sebelum memilih produk asuransi yang akan digunakan, tentu akan membantu anda memilih produk asuransi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Di kutip dari berbagai sumber.