Tlp SekarangWA Sekarang
Faktor Rem Mobil Blong Dan Cara Menanganinya

Rem Mobil via blogspot.co.id

Rem mobil blong pada saat dikendarai. Tentu saja jika terjadi hal tersebut dapat membuat panik terlebih lagi jika mobil yang anda kendarai dalam keadaan kecepatan tinggi. Itu karena keadaan rem yang blong dapat terjadi karena si pemilik kendaraan yang kurang merawat atau kurang memperhatikan rem mobilnya.

Jika keadaan rem mobil yang blong di tengah-tengah perjalanan bisa menimpa siapa pun juga dan kapan pun. Nah jika masalah ini terjadi kepada anda,maka cara supaya terhindar dari resiko terburuknya yang dapat terjadi adalah pada ketenangan,kedewasaan,dengan skill dan pengalaman yang dimiliki oleh pengemudi mobil itu sendiri.

Tetapi bagi anda yang masih belajar atau awal sekalipun,maka anda juga perlu untuk tetap hati-hati dan juga memahami bagaimana cara untuk menangani rem mobil yang blong pada saat berada di jalan raya,karena cukup berbahaya jika anda tidak mengetahuinya.

1.Penyebab Rem Mobil Blong Pada Saat Dikendarai

1. Oli Rem Mobil Habis

Penyebab rem mobil blong yang pertama adalah oli rem yang kurang atau habis. Keadaan minyak rem yang kurang tentu saja membuat kemampuan rem menjadi tidak maksimal,hal ini dikarenakan proses penerusan tenaga dibantu oleh minyak rem ini.
Untuk itu,selalu perhatikan keadaan volume oli rem jangan sampai anda menggunakan mobil saat oli rem sedang habis. Jika keadaanya nya berkurang sedikit,hal ini tidak akan jadi masalah asalkan tetap dapat mencukupi untuk dapat meneruskan tekanan hingga ke piston atau caliper supaya dapat menekan kampas.
Jika keadaan minyak rem anda berkurang drastis dalam jangka waktu yang singkat,maka bisa saja hal ini disebabkan oleh kebocoran pada sistem pengereman mobil anda. Tentunya anda harus segera memperbaikinya supaya tidak terjadi resiko yang membahayakan.
Lakukan pengecekan rutin setidaknya 2 minggu hingga satu bulan sekali. Jika jumlahnya kurang,maka anda bisa menambahkannya sampai pada batas maksimalnya. Selain itu,gunakan oli rem yang berkualitas supaya dapat merawat keadaan rem mobil anda.

2. Kanvas Rem Haus

Penyebab lainnya dapat dikarenakan kanvas pada rem sudah haus sehingga membuat kerja rem tidak pakem (rem blong). Kanvas rem yang sudah haus biasanya akan menimbulkan bunyi saat anda sedang mengerem kendaraan, namun ini hanya terjadi pada mobil-mobil tertentu yang sudah dilengkapi dengan plat indikator. Keadaan kanvas rem yang haus tentunya sudah menjadi hal yang biasa,namun anda tidak boleh membiarkannya begitu saja. Kanvas rem yang haus tentu saja harus segera diganti.

3. Seal Piston Master Silinder Rusak atau Sobek

Keadaan seal piston master silinder juga menjadi salah salah satu penyebab rem blong. Seal piston master silinder yang sobek atau rusak biasanya dikarenakan penyebab pemakaian yang lama serta kualitas oli rem yang digunakan. Oli rem yang tidak berkualitas akan membuat seal menjadi cepat rusak. Untuk menanganinya,tentu saja anda harus menjaga kualitas oli rem yang anda gunakan. Jangan menggunakan oli rem yang berkualitas buruk karena hanya akan membuat kerusakan pada sistem pengereman.

4. Piston Rem Rusak

Penyebab rem blong lainnya dapat dikarenakan keadaan piston rem yang rusak dan haus. Hal ini akan membuat kemampuan piston tidak maksimal saat meneruskan tekanan hidraulis yang berasal dari pedal. Periksa terlebih dahulu penyebab piston rem rusak,barulah anda bisa memperbaiki piston yang rusak tersebut.

5. Selang Oli Rem Tersumbat

Kondisi selang oli rem yang tersumbat juga akan menganggu kerja sistem pengereman pada mobil anda yang dapat membuat rem menjadi blong. Tersumbatnya selang rem ini bisa terjadi karena terlalu banyak kotoran yang ada di dalam oli rem.
Kotoran ini bisa disebabkan karena kotoran yang masuk melalui tangki cadangan. Selain itu,oli rem yang kotor juga dikarenakan kualitasnya yang buruk sehingga menghasilkan deposit. Untuk menanganinya, anda bisa memilih oli rem yang memiliki kualitas baik,walaupun mahal namun akan merawat bagian di dalamnya. Oli rem yang baik biasanya tidak akan berwarna (bening).

2.Cara Mengatasi Rem Mobil Yang Blong

Pada hal pertama yang sangat perlu untuk anda lakukan cara menghentikan mobil rem blong pada waktu sedang dipakai berjalan adalah dengan cara menenangkan diri sejenak. Karena jika anda panik,maka bisa mengakibatkan terjadinya resiko-resiko yang sangat buruk pada saat dikendarai. Jika sudah tenang dan aman maka anda bisa lakukan langkah-langkah menangani rem mobil yang blong dibawah ini.

  1. Pada langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan cara rem mobil harus dikocok atau memompa rem secara terus menerus agar dapat mengembalikan tekanan rem. Dan tetap lakukan cara ini meskipun pada mobil anda sudah dilengkapi dengan teknologi pengereman yang cukup bagus seperti ABS.
  2. Kemudian Yang kedua jika pedal gas terasa keras pada saat anda diinjak,itu biasanya ada masalah pada pedal gas ataupun terdapat sesuatu yang bisa menjadi pengganjal atau menahan pada rem mobil tersebut.
  3. Jika pada kedua cara yang sudah dijelaskan diatas tidak dapat membantu menangani masalah rem mobil yang blong,maka untuk langkah yang berikutnya cobalah untuk memanfaatkan engine break yang digunakan untuk menurunkan gigi transmisi yang menuju ke tingkatan yang lebih rendah. Akan tetapi untuk cara ini tentu saja perlu memakai cara tertentu dan juga harus pas.
  4. Pada mobil manual,anda bisa menurunkan gigi bertahap akan tetapi dengan cepat. Tapi jika anda memakai mobil matic,cara menangani rem blong pada mobil matic dapat melakukannya dengan langkah sebaliknya. Caranya yaitu dengan menurunkan langsung ke posisi gigi yang paling rendah.
  5. Jika anda sudah memakai dengan cara-cara diatas masih tidak bisa berfungsi maka untuk kali ini anda sangat perlu dengan menggunakan rem tangan. Tetapi untuk menggunakannya dengan cara hati-hati pada waktu menariknya. Bisa anda lakukanlah secara perlahan dan jangan sampai melakukannya secara dadakan. Karena jika terlalu bisa jadi membuat anda akan kehilangan kontrol pada saat mengemudikan mobil tersebut.
  6. Dan atur juga tekanan pada rem tangan sampai laju mobil pun bisa melambat dengan perlahan

Demikian cara untuk menangani rem mobil blong saat dikendarai. Karena kondisi seperti itu memang cukup membahayakan. Oleh sebab itu sangat penting untuk melakukan perawatan dan juga pengecekan keadaan rem mobil serta bagian lainnya secara rutin,Dari berbagai sumber.