Tlp SekarangWA Sekarang

Ada beberapa cara untuk mengganti oli shockbreaker depan motor, tapi kali ini saya akan mencoba memberikan cara mudah mengganti oli shockbreaker depan motor dengan tujuan mempersingkat waktu pengerjaan. Fungsi dari shockbreaker adalah untuk meredam getaran dan juga menjaga kestabilan motor saat menikung dan melewati jalanan rusak.

Bongkar shockbreaker

Bongkar shockbreaker via kaskus

Penggantian oli shockbreaker dilakukan apabila shockbreaker sudah terasa terlalu empuk atau ada kebocoran karena tergoresnya dinding as shockbreaker. Apabila dinding as shockbreaker sudah tergores (lapisan kromnya sudah rontok) maka as-nya harus segera diganti agar oli tidak terbuang terus.

Menurut anjuran dari pihak pabrikan, oli shockbreaker juga harus diganti setiap 2 tahun sekali (mengacu kepada lifetime/umur oli).

Langkah-langkah pengerjaannya sebagai berikut :

  1. Posisikan motor dengan standar tengah.
  2. Buka roda depan berikut spatbornya (front fender/spackboard).
  3. Pasang kembali as rodanya. Ini berfungsi untuk menahan tabung shock ketika membuka baut bagian bawah.
  4. Buka baut dibawah tabung shockbreaker untuk membuang oli lamanya. Biasanya menggunakan kunci L 10 (tiap motor berbeda). Jangan lupa untuk menyiapkan wadah dibawahnya untuk menampung oli lama.
  5. Cabut tabungnya dan bersihkan dengan menggunakan bensin lalu keringkan.
  6. Buka baut bagian atas/tutup as shockbreaker. Gunakan 2 obeng minus untuk mencongkel tutup. Caranya : satu obeng untuk menekan tutup kearah bawah, satu obeng lagi untuk membuka circlipnya (apabila tutupnya bukan model kunci L atau kunci pas ,bisa berbeda model tutupnya). Harap berhati-hati dalam membuka tutupnya karena ada per didalamnya, jadi tutupnya bisa mental.
  7. Buka baut pengikat kedua as shockbreaker (kiri dan kanan) yang menempel di segitiga dengan menggunakan kunci ring 14.
Bongkar shockbreaker

Memasang shockbreaker via BengkelShockbreaker.co.id

  1. Keluarkan semua per dan suling didalamnya, cuci dengan bensin dan keringkan. Sambil diingat semua posisi jeroannya agar tidak salah ketika memasangnya kembali.
  2. Setelah semua partnya bersih dan kering, rakit kembali seperti semula. Caranya adalah kebalikan dari membongkar. Harap diingat dalam memasang posisi kedua as shockbreaker tadi (kanan dan kiri) pada segitiganya harus sejajar ya, jangan tinggi sebelah karena bisa mempengaruhi kinerjanya.
  3. Setelah terpasang semua, masukkan oli shockbreaker dari atas as shockbreaker.
  4. Tuangkan oli baru sebanyak 60-65cc. (Untuk motor bebek biasanya oli dengan kekentalan 10W, dan untuk motor sport atau apabila motor sering melewati jalan yang rusak, bisa menggunakan oli yang lebih kental dengan viskositas 15 atau 20W. Jika menggunakan oli yang lebih kental, maka isinya bisa dikurangi sebanyak 10cc).

Perlu diingat, untuk shockbreaker yang ada dudukan rem cakramnya (bisa disebelah kiri atau kanan), olinya ditambahkan 10cc, ini gunanya agar ketika mengerem depan, bantingan shockbreaker bisa rata antara kiri dan kanan

Dari berbagai sumber media informasi