Tlp SekarangWA Sekarang
Cara Modifikasi Mobil Bekas

Modifikasi Mobil via mobilkeren.id

 

Masih ingat dengan cerita Cinderella, dalam dongeng edisi Walt Disney yang bercerita tentang putri cantik yang tertutup dengan debu dan kotoran? Namun ketika datang Peri Baik Hati, berubah menjadi Putri cantik yang disukai Pangeran tampan.

Kisah happy ending ini juga dapat diterapkan pada mobil bekas. Apabila secara cerdas dapat memilihnya dengan baik, maka tunggangan tersebut dapat dimodifikasi untuk menarik mata. Siapa tahu mobil bekas ini menjadi ‘kuda putih’ untuk dapat mencapai kerajaan bahagia seperti Cinderella.

Agar tidak salah langkah, maka ada baiknya untuk mengetahui beberapa tips di bawah ini, untuk menghasilkan tunggangan modifikasi yang tidak mengecewakan :

  1. Rencana

Langkah pertama untuk memodifikasi mobil adalah menggunakan jasa modifikator yang sudah terbukti reputasinya. Dengan pihak yang sudah lebih berpengalaman seperti ini, dapat mencetuskan rancangan awal mobil yang diinginkan.

Selanjutnya, desainer ini pasti akan memberi masukan yang sangat bermanfaat pada soal warna, jenis ban, interior, dan hal-hal yang berhubungan lainnya.

  1. Budget

Setelah mempunyai bayangan seperti apa mobil yang diinginkan, maka sekarang saatnya melihat isi dompet. Pastikan seberapa besar dana yang akan dialokasikan untuk modifikasi ini.

Observasi terlebih dahulu berapa harga spare part dan waktu yang dibutuhkan untuk modifikasi. Apabila memilih untuk menggunakan jasa profesional, maka pastikan sudah memasukan budget atau keuangan tambahan untuk honor.

Jangan juga untuk menargetkan budget yang kelewat pas. Lebihkan budget tersebut sekitar 10% untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Menemukan mobil yang tepat

Setelah memastikan budget cukup, sekarang mencari mobil bekas yang layak menerima modifikasi. Semakin sedikit karat dan kerusakan, semakin sedikit pengeluarannya.

Namun yang paling penting, pastikan sudah observasi terlebih dahulu untuk masalah mobil itu. Paling tidak sudah mengetahui tahun pembuatan dan spesifikasi yang mengikutinya.

Satu hal yang tidak boleh terlewat, pastikan calon tunggangan bukan CURIAN.

  1. Daftar Spare Part

Setelah belanja berbagai spare part, sebaiknya menyusun daftar belanjaan tersebut. Mencatat dimana saja menyimpan barang-barang itu supaya tidak membeli barang yang sama dua kali.

Jangan lupa juga tandai apabila spare part tersebut sudah melekat di mobil kesayangan.

  1. Kikis Cat

Ada beberapa metode yang disarankan beberapa bengkel ternama untuk pengikisan cat. Yang paling sering digunakan adalah media blasting yang membuat mobil kembali ke warna asli abu-abu.

Bisa juga menggunakan soda blasting, yang menggunakan baking soda dalam tekanan tinggi. Hasil dari soda blasting ini mobil terlihat bersih, mengkilap ‘fresh from the factory’.

Metode terakhir adalah celupan asam. Dimana mobil akan dicelupkan dalam satu kolam penuh asam untuk memudarkan cat.

  1. Cat Baru

Setelah mobil ‘transparan’ sudah saatnya untuk menghubungi tukang cat berpengalaman. Referensi dapat dicari lewat bengkel dan toko terkenal yang sudah sering menyediakan jasa tukang cat seperti itu dan dapat berdiskusi dengannya soal pilihan dan merk warna. Walaupun terlihat sedikit mahal, tetapi dijamin tidak akan menyesal dengan hasilnya serta yang paling penting, jangan terhipnotis dengan tawaran cat murah karena kualitasnya belum tentu dapat diandalkan.

  1. Mesin

Sementara mobil dicat, sudah waktunya berbelanja hal yang penting dan paling mahal yaitu untuk masalah mesin.

Pastikan mesin yang dipilih sesuai dengan power plant yang diinginkan. Selanjutnya silahkan mencari mesin dengan harga terbaik sesuai jenisnya.

  1. Rem dan Suspensi

Pencarian mesin dapat dibarengi dengan mencari sistem suspensi yang cocok. Ingat lebih baik menghabiskan banyak uang untuk dua hal tersebut saat ini, karena dijamin tahan lama. Dibandingkan mencari bahan murah tetapi cepat rusak. Cocokan juga dengan jenis dan tipe ban dengan rem pilihannya.

  1. Detail

Setelah semua terpasang, sebentar lagi akan dapat menikmati mobil baru hasil modifikasi. Tetapi yang paling penting harus ingat detail yang selalu menangkap perhatian orang, interior dan eksterior.

Pada bagian luar jangan terlalu banyak memainkan warna, karena kemungkinan hasilnya akan mengecewakan dan tidak bagus lagi untuk dipandang mata.

Pilihlah warna dan teknik olesan yang tepat karena disitulah letak ‘wow’ faktornya. Begitu juga bagian dalam, jangan sampai menjatuhkan nilai cantik yang sudah susah payah dibangun dibagian luar.

 

 

Dari berbagai sumber