Tlp SekarangWA Sekarang
Ubah Cat Mobil Sama Halnya Seperti Orang Ganti Baju

Cat Mobil via sains.kompas.com

 

Kemudahan dan biaya untuk mengganti warna mobil sangatlah mudah. Dengan bantuan teknologi akan segera dapat dinikmati untuk yang suka berganti warna cat, tanpa menghilangkan warna cat asli mobil. Teknologi yang disebut dengan Miracle Cote yaitu bahan pewarna body mobil, yang memungkinkan untuk pengecatan dan pelepasan lapisan warna tanpa merusak warna asli body kendaraan.

 

Teknologi Miracle Cote ini berbeda dengan pengecatan biasa yang memerlukan proses amplas dengan kertas pasir. Urutan Miracle Cote ini dimulai dari :

  • Pencucian mobil untuk menghilangkan debu

  • Pengeringan dari air yang menempel di permukaan

  • Penghilangan lapisan wax, atau minyak diatas permukaan cat asli

  • Masking untuk bagian yang tidak diinginkan terkena coting

  • Proses coting dari lapisan dasar, warna, lalu lapisan transparansi

  • Masking off

  • Pengeringan

  • Selesai

Pengembalian atau pengelupasan coting ini cukup sederhana, yaitu menggunakan zat khusus untuk melepaskan ikatan antara lapisan dasar dengan lapisan cat asli mobil tersebut yang dilakukan menggunakan jet-nozzle electrik yang menghasilkan ion positif, senyawa untuk proses pengelupasan ini bersifat basa yang bereaksi dengan molecule carboxile bebas dari zat coting yang akhirnya membentuk senyawa seperti sabun yang larut dalam air.

Untuk proses pengelupasan lapisan coting itu sendiri dibutuhkan waktu kira-kira 20 menit, cukup disemprot dengan air biasa untuk membuang lapisan tersebut dari body mobil. Proses ini tidak mempengaruhi kualitas cat asli dari mobil itu sendiri dan setelah selesai proses pengelupasan, maka mobilpun akan kembali kepada warna aslinya.

Disamping itu lapisan coting yang sudah dibuang tersebut dengan treatment tambahan additive akan mengalami penggumpalan yang akan terkumpul di dasar penampung. Selanjutnya cukup diambil dengan saringan biasa, karena proses ini tidak melibatkan atom metal maka termasuk proses yang aman dan ramah terhadap lingkungan.

Untuk harapan dimasa depan teknologi ini sangat cerah serta saat ini diupayakan agar biayanya semakin murah sekalipun saat ini sudah setengah dari proses pengecatan biasa. Jenis warna metallic atau harus diperkirakan dalam waktu dekat juga akan bisa dibuat. Sehingga tidak heran apabila di masa depan, setiap bulan bisa mengganti warna mobil dengan cepat sesuai dengan suasana yang diinginkan. Tinggal menunggu kapan teknologi ini bisa dinikmati di Indonesia.

 

 

 

Dari berbagai sumber