Tlp SekarangWA Sekarang
Cara Mengecek Kerusakan Bearing Roda Dengan Mudah

Bearing Roda Mobil via otomotifkita.com

Untuk anda pengemudi mobil mungkin pernah mendengar bagian roda yang berisik,namun itu belum tentu akibat bearing pada roda. Bagian yang berfungsi sebagai bantalan supaya roda dapat berputar yaitu Bearing roda atau leher roda,ada juga bagian yang sangat penting yaitu roda depan.

Roda depan merupakan bagian yang langsung berhubungan dengan gerak dan arah mobil supaya sesuai dengan kendali pengemudi juga menjadi faktor kenyamanan dan keselamatan penumpang saat berkendara.

Bagi anda pemilik kendaraan harus cermat dengan keadaan pada mobil anda dan untuk mengetahui gejala-gejala kerusakan bearing roda pada mobil anda bagian depan maupun belakang.

Kerusakan di bearing roda mobil anda dapat diketahui dengan berbagai cara seperti sebagai berikut :

1.  Dengan adanya suara gemuruh pada roda mobil anda. Bearing roda depan biasanya yang paling sering mengalami masalah dikarenakan suaranya masuk secara langsung ke kabin.
Jika semakin kencang anda mempercepat kecepatan mobil maka akan semakin berisik juga suara roda anda,tingkat kecepatan mobil mencapai 40-60 km/jam itu sudah membuat bagian di roda yang bemasalah anda menimbulkan suara berisik.
2. Anda harus mengecek roda dengan cara di bongkar. Setelah itu putarlah roda secara manual menggunakan tangan anda dan pada saat roda berpuar anda harus memegang bagian shock breaker atau low arm supaya anda bisa merasakan bergetar atau tidaknya bagian roda tersebut.
Jika memang terasa bergetar dan adanya gesekan pada logam yang tidak di beri pelumas,dapat di pastikan bearing roda anda sudah rusak dan perlu di ganti atau melakukan servis bengkel.
3. Dengan mengecek menggunakan dongkrak supaya roda terangkat. Pada saat roda terangkat anda harus memegang roda dengan tangan anda,ban bagian bawah di pegang dengan satu tangan dan tangan yang satunya lagi untuk memegang bagian atasnya atau dapat di lakukan sebaliknya. Selanjutnya gerakkan tangan anda secara memuar.
setelah di putar dan jika anda merasakan ada gerakan yang tidak wajar atau oblak itu membuktikan bahwa bearing roda anda rusak dan harus segera di ganti atau di bawa ke bengkel mobil supaya kerusakan tidak semakin parah atau dapat menyebabkan masalah yang dapat merugiakan anda dan orang lain. Jika sesudah di bawa ke bengkel maka anda akan mengentahui tindakan apa yang akan di lakukan setelah di cek kembali oleh petugas bengkel.
Yang harus anda ketahui bahwa bunyi yang timbul seperti suara berisik bearing rusak ternyata juga dapat disebabkan karena permukaan ban yang sudah haus atau terdapat benjolan,maka dari itu kehausan ban juga harus anda perhatikan. Anda harus memastikan suara tersebut di karenakan oleh permukaan ban yang haus atau di sebabkan oleh faktor lain sangat mudah anda lakukan.
Yang paling awal anda lakukan hanyalah mengganti ban mobil anda dengan ban serep atau dengan ban lain yang permukaannya lebih bagus dan rata.  Jika ban sudah terpasang anda harus menjalankan mobil anda dengan kecepatan sekitar 40-60 km/jam.
Setelah di coba dengan kecepatan yang di tentukan suara berisik tidak terdengar lagi maka sudah dipastikan memang ban mobil anda sudah haus dan tidak layak di gunakan lagi,namun jika tetap terdengar suara berisik itu berarti bearing roda anda memang rusak dan harus segera diganti.