Tlp SekarangWA Sekarang
7 Tips Aman Memilih Asuransi Kendaraan

Asuransi Kendaraan Via polisku.com

Hampir setiap keluarga di indonesia Indonesia  memiliki kendaraan, baik itu motor ataupun mobil. Semakin ramainya jalanan di Indonesia ternyata menimbulkan masalah muncul seperti terjadinya kecelakaan lalu lintas yang tidak hanya mengakibatkan kerugian materi saja, namun jatuhnya korban jiwa.

Selain itu, kendaraan bermotor juga ternyata banyak dilirik oleh Tangan tak bertanggung  jawab. Banyak ornang kehilangan kendaraan bermotor, hal ini terbukti dengan makin maraknya kasus pencurian kendaraan bermotor. Salah satu cara mengantisipasi potensi kerugian dan resiko yang muncul yaitu dengan memindahkan resiko yang ada kepada pihak ketiga, Tidak lain yaitu asuransi kendaraan.

Mengapa anda haru  memiliki  asuransi kendaraan? Sebab dengan asuransi kendaraan, Anda dapat memastikan kendaraan tetap aman saat terjadi kecelakaan, kehilangan atau kerusakan. Saat ini sudah banyak sekali perusahaan asuransi di Indonesia yang menyediakan asuransi untuk berbagai kendaraan. Karena itu, Kamu sebagai calon konsumen harus cermat dalam memilih asuransi kendaraan.

Langsung saja anda simak tipsnya berikut ini :

1.   Lihat kondisi dari kendaraan Kamu

Memilih asuransi yang tepat untuk kendaraan Anda lihatlah terlebih dahulu kondisi kendaraan Anda. Kondisi kendaraan bisa Anda lihat dari usia, jenis dan kegunaan kendaraan. Asuransi kendaraan sendiri memiliki dua jenis,  yaitu :
  • Asuransi all risk atau comprehensive, Adalah  jenis Asuransi yang menjamin hampir seluruh resiko pada kendaraan Anda, baik kecelakaan besar ataupun kecil. Namun begitu tetap ada hal- hal yang dikecualikan dalam polis ini. Seperti kehilangan mobil yang diakibatkan karena dibawa lari oleh sopir pribadi atau pegawai anda
  • Asuransi total loss only (TLO), Adalah  jenis asuransi yang hanya menjamin resiko kerusakan kendaraan diatas 75% dari nilai kendaraan atau kehilangan kendaraan Dari pencurian. Jika Anda memiliki kendaraan yang memiliki usia yang sudah cukup tua dan mempunyai mobilitas tinggi, maka disarankan untuk memilih polis asuransi ini.
  1. Pertimbangkan kredebilitas perusahaan asuransi

Selanjutnya adalah mempertimbangkan kredebilitas dan bonafiditas dari perusahaan asuransi yang anda. Pastikan Anda memilih perusahaan yang sudah terpercaya dalam bidang  asuransi kendaraan dan mempunyai reputasi baik dalam menyelesaikan proses klaim dari nasabahnya. Cari juga informasi tentang sudah berapa lama perusahaan tersebut memproses klaim dan waktu pembayaran.
  1. Perhatikan bonafiditas perusahaan asuransi

Bagi lemabaga profit  yang bergerak dibidang keuangan, bonafiditas perusahaan asuransi haruslah bagus dan terpercaya. Pilihlah perusahaan asuransi yang mempunyai bonafiditas bagus. Saya yakin Anda pasti tidak ingin jika saat anda  melakukan klaim dalam jumlah besar seperti kerusakan parah atau kehilangan, namun ternyata perusahaan asuransi tidak menyanggupinya karena tidak memiliki keuangan yang cukup untuk membayarkan klaim.
  1. Bengkel  pada perusahaan asuransi

Wajib bagi Anda mengetahui seberapa banyak dan tersebar dimana saja bengkel-bengkel rekanan yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi. Semakin banyak bengkel  yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi tersebut, maka semakin mudah pula  dalam memproses klaim asuransi kendaraan.
Lebih baik lagi jika Anda  bisa melakukan klaim langsung ke bengkel resmi atau bengkel authorized. Karena bengkel authorized akan memberikan pelayanan yang terpercaya dan suku cadang yang dijamin keasliannya.
  1. Fitur layanan dari perusahaan asuransi

Baiknya Anda memilih perusahaan asuransi yang memiliki fitur layanan seperti hotline 24 jam, mobil derek, serta cabang yang tersebar di seluruh indonesia. Karena Anda pasti tidak hanya berkendara di daerah sekitar tempat tinggal saja. Jadi jika terjadi hal- hal yang tidak diinginkan di tempat yang jauh dari tempat tinggal Anda  maka Anda  akan lebih mudah melaporkan masalah tersebut pada pihak asuransi.
  1. Perhatikan nilai premi

Pilihlah premi asuransi kendaraan yang Pasti, jangan asal pilih yang murah namun tidak memiliki kredebilitas dan bonafiditas yang baik. Sebab persaingan perusahaan asuransi kendaraan  kini semakin ketat, dan banyak dari mereka yang membanting harga, menawarkan harga premi yang murah demi mengait banyak nasabah.
Namun Anda juga harus mempertimbangkan harga premi, jangan pula terlalu mahal, karena yang mahal belum tentu memiliki pelayanan yang terbaik. Pilihlah Asuransi yang menawarkan harga premi yang bersahabat, namun tetap dengan pelayanan yang terbaik dan fitur layanan yang lengkap.
  1. Pelayanan perusahaan Asuransi

Pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki pelayanan yang mudah di akses dan cepat. Akan lebih baik jika perusahaan asuransi tersebut memiliki akses online yang bisa Kamu akses kapan saja dan dimana saja.
Dari Berbagai Sumber