Tlp SekarangWA Sekarang
6 Alasan Penyebab Klaim Asuransi Tidak Dibayarkan

Asuransi via dboenes.com

Tahukah anda kenapa Klaim asuransi ditolak oleh perusahaan asuransi, karena kondisi ini menjadi bahaya bagi pemilik asuransi. Bahkan orang menjadi enggan membeli polis asuransi karena rasa takut kesulitan dalam mengajukan klaim asuransi.

Sebetulnya, ada alasannya kenapa klaim asuransi terkesan sulit. Salah satunya yaitu untuk mencegah terjadinya penipuan atau tindakan kriminal dalam asuransi. jika anda memahami semua kesepakatan yang tertulis dalam polis asuransi dan memiliki dokumen yang lengkap, anda tidak perlu khawatir klaim polis Anda akan berjalan lancar.

Di bawah ini ada beberapa alasan penyebab klaim asuransi tidak di bayarkan, yaitu:

1. Pemilik Polisi Tidak Aktif.

Masalah ini biasanya terjadi karena pemegang polis tidak melakukan pembayaran setelah masa tenggang selama 30 hari sejak jatuh tempo tanggal pembayaran sehingga polis tidak berlaku lagi.

2. Pengajuan Kalim Sebelum Hari yang di Tentukan

Mengajukan klaim sebelum masa tunggu polis  tentu dapat menyebabkan klaim ditolak. Masalah ini sudah ada dalam perjanjian polis. Masa tunggu berbeda pada asuransi kesehatan dan asuransi penyakit kritis. Untuk sakit kritis, biasanya akan ada masa tunggu kurang lebih 30 hari sampai 365 hari.

3. Menyembunyikan Penyakit

Menyembunyikan kondisi kesehatan yang dialami sebelum pembelian polis walaupun telah melewati masa tunggu.  Jika pemilik polis tersebut terbukti penyakit yang timbul sebenarnya sudah dialami sejak dulu sebelum mengambil polis, hal ini asuransi akan menolak klaimnya. Jadi, pastikan anda masih dalam kondisi sehat ketika membeli asuransi.

4. Melakukan Pelnggaran

Pemegang polis melakukan pelanggaran hukum. contohnya pemegang polis mengalami kecelakaan karena melanggar aturan lalu lintas. Kondisi ini bisa menyebabkan klaim polis asuransi ditolak.

5. Penipuan atau Kejahatan

Tindakan penipuan atau kejahatan asuransi oleh pemegang polis atau ahli warisnya untuk mendapatkan uang pertanggungan dengan cara yang disengaja. contohnya, pemegang polis sengaja melukai diri sendiri, atau ahli waris melakukan kejahatan terhadap pemilik polis. Hal ini jelas akan menyebabkan penolakan atas klaim secara otomatis.

6. Bunuh Diri

Jika pemilik polis meninggal karena bunuh diri, hukuman mati oleh pengadilan, tindakan kejahatan, tindakan atau upaya itu melanggar hukum. Hak-hak ini yang menyebabkan klaim asuransi minus.

Di kutip dari berbagai sumber.