Tlp SekarangWA Sekarang
4 Tipe Ban Terunggul Untuk Mobil Anda

Ban Mobil via ecettes-de-cuisines.com

 

Jika membahas mengenai bagian mobil yang langsung besentuhan dengan jalanan tentu saja jawaban semua orang adalah ban mobil. Ban mobil sudah pasti akan bersentuhan dengan kondisi jalan yang baik maupun buruk, sehingga ada baiknya jika Anda menggunakan ban-ban pilihan terbaik untuk kendaraan Anda.

Seperti yang diketahui bahwa masalah-masalah pada ban adalah menipisnya lapisan ban atau sering disebut aus, terjadinya pecah ban, atau kebocoran karena benda-benda tajam.

Untuk itu memilih ban yang dapat mengurangi resiko-resiko seperti ini menjadi sesuatu yang tidak dapat dilupakan walaupun terkadang diremehkan.

Untuk membantu Anda lebih mengenal merk ban terunggul, berikut 4 tipe ban terunggul untuk mobil Anda :

  1. Ban Falken Sincera SN 832i

Sebagai salah satu merk ban favorit oleh pengguna kendaraan di Indonesia, tentu saja Falken harus dimasukkan dalam daftar ini. Falken sendiri memberikan pilihan untuk jenis ban, yang pertama adalah buatan luar dan satu lagi buatan lokal.
Buatan lokal dibanderol dengan harga mulai dari Rp400 ribuan. Salah satu ban produksi Falken yaitu Sincera SN 832i bahkan dijadikan standar ban bergaya Eropa yang memiliki kelebihan pada bagian pola dan memilki tingkat kebisingan yang rendah.
Selain itu ban Falken sebagai ban yang memiliki kualitas sesuai dengan pasar Asia Tenggara yang dianggap memiliki kecepatan dan grip mobil yang baik. Ban produksi Falken ini (Sincera SN 832i) juga sering disebut-sebut lebih tahan lama sebesar 13 persen dibandingkan produk-produk Falken sebelumya.
Falken sendiri menawarkan ban dengan ukuran 12 inch, 13 inch, 14 inch, hingga ukuran yang paling besar yakni 18 inch. Untuk Ban Falken produksi luar, harga tertinggi bisa mencapi Rp6,3 juta hingga Rp7 juta.
  1. Ban GT Radial Champiro

Ban GT radial merupakan produksi merk lokal yang dipegang oleh PT Gajah Tunggal Tbk. Salah satu perusahaan ban terbesar di Indonesia ini ternyata menghasilkan ban yang juga cukup mahir, bagus dan bisa bersaing dengan produk luar. Salah satu yang diunggulkan dari GT radial adalah GT Radial Champiro.
Ban ini mampu menokak jalan dengan baik sehingga mengurangi goncangan dan juga tidak berisik. Untuk Anda yang cinta produk Indonesia, tentu GT Radial Champiro bisa menjadi pilihan tepat. Ditambah lagi harga yang lebih murah membuat Champiro bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin menghemat pengeluaran.
Ban jenis ini juga cocok untuk mobil low MPV seperti Avanza dan juga Xenia. Pola yang dimiliki oleh GT pun sudah disesuaikan dengan bentuk dan jalan Indonesia. Serta sudah mengikuti pasar standar Asia Tenggara. Bagian ban dalam berfungsi untuk mengeluarkan air ketika ada air yang masuk. Sangat cocok dipakai untuk area basah maupun area kering.
Buat anda yang ingin performa “bandel” dari ban, GT Radial bisa menjadi jawabannya.
  1. Dunlop SP Sport LM 704

Ban jenis ini merupakan salah satu varian terbaik dari Dunlop yang cocok dengan mobil sedan, MPV dan juga city Car yang membutuhkan kenyamanan saat berkendara.
Bahannya yang merupakan gabungan dari silika dan karbon hitam, menambah kekuatan ban saat mulai mengaspal dan meningkatkan cengkeraman ban terhadap jalan.
Jika dibandingkan dengan produk pendahulunya, ban ini dikabarkan bisa berfungsi 25 persen lebih awet/ tahan lama. Bahkan pola yang dimiliki telah didesain sedemikian rupa untuk dapat mengurangi keausan pada ban.
Untuk iklim tropis seperti Indonesia, ban ini menjadi pilihan tepat untuk Anda. Membicarakan tingkat kebisingan, SP Sport LM 704 ini memberikan tingkat kebisingan rendah sehingga tidak akan mengganggu seseorang saat berkendara baik dengan kecepatan tinggi maupun rendah.
Untuk harga sendiri, ban Dunlop menawarkan beragam harga, mulai dari yang paling murah hingga ada yang bernilai RP1.8 jutaan.
  1. Bridgestone Ecopia EP150

Penggunaan ban yang tahan lama sebenarnya ditentukan oleh bagaimana kebiasaan para pengemudi dalam berkendara. Salah satunya adalah penggunaan Nitrogen untuk pengisian “angin” pada ban.
Bridgeston Ecopia inipun akan lebih awet jika menggunakan nitrogen. Dengan tekanan 32 psi pada ban depan serta 44 psi pada ban belakang, ban ini dapat melaju di jalan yang bergelombang dan kurang begitu mulus, tetapi tidak dengan jalan yang berkerikil.
Pola yang memiliki jarak agak besar menyebabkan banyaknya kerikil menempel, sehingga saat kembali ke jalan aspal yang lebih mulus Anda mungkin mendengar suara-suara aneh dari bawah mobil. Hal ini diakibatkan dari kerikil-kerikil yang terlepas saat berkendara.
Bahannya yang lebih soft memang membuat mobil tidak terlalu bergetar, tetapi lebih baik hindari jalan-jalan yang bergelombang banyak dan juga banyak kerikil. Untuk harga sendiri, Bridgestone membanderol ban mereka tentu saja berbeda-beda. Anda mungkin bisa mendapatkan ban tipe Potenza G3 dengan haga Rp1,4 jutaan.
Keawetan dan ketahanan ban sebenarnya tergantung bagaimana Anda mengendarai mobil Anda. Selain itu kondisi jalan tertentu juga dapat mempengaruhi usia ban tersebut. Lakukanlah perawatan ban yang rutin agar membuat ban mobil anda lebih terjaga dan usia pemakaiannya lebih panjang.

 

 

Dari berbagai sumber